Komisi A Pangkas Anggaran Satpol PP Senilai 650 Juta Rupiah

Komisi A Dprd Jember akhirnya memangkas anggaran Satpol PP. Hal ini dilakukan karena dalam realisasi kegiatan anggaran atau rka yang diajukan oleh Satpol PP  lebih besar 650 juta rupiah dibanding pagu yang disediakan dalam Daraf APBD 2011.

Ketua Komisi A DPRD Jember Mohammad Jufreadi ketika dikonfirmasi usai hearing rabu siang mengatakan, pihaknya terpaksa melakukan pemangkasan anggaran Satpol PP, karena memang anggaran yang diajukan oleh bappekab hanya 1,1 milyar rupiah, sementara dalam RKA Satpol PP  mengajukan 1,7 Milyar Rupiah.

Berdasarkan keterangan Kasatpol PP Pemkab Jember, anggaran senilai 650 juta rupiah lebih tersebut rencananya dipakai untuk pengadaan pakaian dinas, honor dan pelatihan bagi 50 orang anggota Satpol PP. Rencana tersebut sebelumnya sudah diberitahukan dan disetujui oleh bappekab. Namun tanpa pemberitahuan kepada Satpol PP, Bappekab melakukan pemangkasan secara sepihak. Sehingga RKA yang diajukan oleh Satpol PP  melebihi kuota yang disediakan.

Tidak ada jalan lain menurut Jufreadi, pihaknya terpaksa untuk sementara waktu mengusulkan pemangkasan anggaran tersebut. Hasil hearing bersama Satpol PP, bagian keuangan dan bappekab tersebut, rabu sore akan dilaporkan kepada badan anggaran. Apakah anggaran tersebut akan dikembalikan atau akan dipangkas, Rabu malam akan diputuskan dalam rapat bersama tim anggaran Pemkab Jember.

Sementara untuk temuan adanya kelebihan anggaran senilai 150 juta rupiah di Bakesbangpol Linmas, setelah dilakukan kajian ternyata hanya terjadi perbedaan pemahaman saja. Dimana Komisi A mengacu pada Draf APBD awal sesuai kesepakatan, sementara Bakesbangpol Linmas sudah mengacu pada Draf APBD perubahan. Dimana dalam APBD perubahan tersebut anggaran untuk bakesbangpol linmas dikurangi 150 juta rupiah.

(926 views)
Tags: