Ratusan Ribu Hektar Lahan PT KAI DAOPS IX Jember Dikuasai Perseorangan

Ratusan ribu hektar aset milik PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional IX dari daerah Pasuruan hingga banyuwangi saat ini dikuasai oleh perseorangan. Aset tersebut diantaranya berupa lahan/dan perumahan dinas.

Menurut Kepala PT KAI DAOPS IX  Jember, Pudji Leksono, dari 15 juta hektar aset milik PT KAI DAOPS IX, 10 persen diantaranya dikuasai oleh perseorangan. Aset tersebut telah dikuasi sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Untuk itulah senin pagi pihaknya meminta bantuan Kejaksaan Negeri Jember melalui surat kuasa khusus, dimana kejaksaan negeri bertindak sebagai jaksa negara untuk mengamankan aset-aset itu. Sebenarnya tahun lalu PT KAI DAOPS IX telah melakukan mou dengan Kejaksaan Negeri Jember, namun karena lemahnya koordinasi dari pihak PT KAI, persoalan tersebut belum bisa ditangani dengan maksimal.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Wilhelmus Lingitubun mengaku siap untuk mengamankan aset negara di PT KAI DAOPS IX Jember.  Kejaksaan Negeri Jember akan menempuh dua jalur, yakni non litigasi dan litigasi.

Jalur non litigasi akan ditempuh terlebih dahulu, dengan mengundang seluruh pihak terkait, terutama yang menguasai lahan PT KAI, untuk memberikan pemahaman dan menemukan solusi terbaik. Namun jika jalur itu buntu, Kejari Jember akan menempuh jalur ligitasi, dimana kejaksaan akan menggugat secara perdata di pengadilan negeri.

Lebih lanjut Lingitubun menjelaskan, sejauh ini pihaknya masih akan menelaah aset yang ada di PT KAI. Sebab penanganannya akan dilakukan per kasus. Baru pasca telaah data Kejari Jember secara maraton akan mulai memanggil seluruh pihak terkait.

(783 views)
Tags: