Mantan Bupati Jember Samsul Hadi Siswoyo Bebas Bersyarat

Mantan Bupati Jember Samsul Hadi Siswoyo, terpidana kasus Kas Daerah (Kasda) Jember, Senin siang resmi bebas bersyarat dari Lapas Kelas II A Jember.

Kepala Seksi Pembinaan dan Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas II A Jember, karno membenarkan Pembebasan Bersyarat (PB) yang diterima Samsul. Menurut dia, surat tersebut baru diterimanya tadi pagi, dan saat itu juga proses administrasi langsung diproses.

Karno menerangkan, samsul telah memenuhi syarat menerima PB. Dia telah menjalani lebih dari dua pertiga masa pidananya, serta telah membayar denda dan ganti rugi keuangan Negara.

Sebenarnya masa hukuman Samsul berakhir pada tanggal 24 Januari 2013 mendatang, namun karena yang bersangkutan mendapat PB, maka langsung dibebaskan hari ini. Meski demikian, setelah PB berakhir, samsul masih harus menjalani hukuman percobaan selama satu tahun. Itu artinya, selama menjalani PB dan masa percobaan, yang bersangkutan dilarang melakukan tindak pidana.

Sementara Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Jember, Kliwon Sugiyanta mengatakan, PB merupakan hak setiap terpidana yang telah menjalani dua per tiga masa hukumannya. Dia membenarkan jika Samsul telah melapor ke kejaksaan.

Kejaksaan kata Kliwon, tetap diwajibkan untuk mengawasi yang bersangkutan ketika di luar lapas. Berdasarkan keterangan dari Samsul, dia mengaku tetap akan tinggal di Jember.

Secara terpisah, Kepala Sub Seksi Bimbingan Klien Dewasa Balai Pemasyarakatan Kelas II Jember, Edi Sudarso mengatakan, meski Samsul telah bebas bersyarat, yang bersangkutan tetap dikenakan wajib lapor satu bulan sekali ke kantornya.   selain itu, Bapas juga akan melakukan pembinaan kepada yang bersangkutan, dengan mendatangi rumahnya.

Sementara Samsul Hadi Siswoyo kepada wartawan mengaku bersyukur bisa bebas hari ini. Dia mengaku akan langsung berkumpul dengan keluarganya, dan akan menjenguk orang tuanya yang saat ini sedang sakit.

Ketika ditanya apakah akan aktif kembali dunia politik, samsul mengaku untuk sementara waktu dirinya akan beristirahat dan fokus terhadap penyembuhan penyakitnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mahkamah Agung menjatuhkan vonis enam tahun penjara kepada Samsul Hadi Siswoyo, denda 200 juta rupiah subsider enam bulan kurungan penjara, dan ganti rugi 900 juta rupiah lebih subsider satu tahun kurungan penjara.

Selain Samsul Hadi Siswoyo, hari ini terpidana kasus P2SEM, Taufik dan Ahmad Faidi Suja’i juga menerima cuti bersyarat dari dirjen pemasyarakatan.

(1,660 views)
Tags: