PGRI Usulkan Perbup Peningkatan Kompetensi Guru

PGRI Jember mengirimkan surat kepada pj bupati meminta pengembangan profesi guru dituangkan dalam peraturan bupati, sehingga ada payung hukum yang jelas. Untuk sementara pelatihan pengembangan kompetensi profesi guru dilakukan atas dasar kesadaran masing-masing guru.

Ketua PGRI Jember I Wayan Wesa Atmaja mengatakan, guru memiliki kewajiban untuk meningkatkan kompetensi dalam menjalankan tugasnya sebagai guru professional. Pemerintah sudah memberikan hak profesional guru berupa Tunjangan Profesi Pendidik atau TPP. Tinggal kewajiban guru meningkatkan kompetensinya yang saat ini harus dilakukan.

Guru lanjut Wayan, memiliki tanggung jawab mendidik, mengajar, menilai dan mengevaluasi. Dalam rangka menjalankan tugasnya tersebut guru harus mampu membuat rencana pembelajaran. Sebagai seorang professional, tidak ada alasan bagi seorang guru untuk meningkatkan kompetensinya dengan segala cara, termasuk mengikuti pelatihan-pelatihan.

Stake holder pendidikan berupa komite sekolah dan orang tua siswa, sebenarnya bisa menuntut kompetensi guru. Hanya saja stake holder pendidikan belum terberdayakan secara maksimal, sehingga sharing untuk peningkatan mutu pendidikan juga belum berjalan dengan baik.

(830 views)
Tag: