Puskesmas Pembantu Di Jember Tidak Berlistrik

Di jaman serba maju seperti saat ini, ternyata di Kawasan Jember masih ada puskesmas pembantu yang tidak memiliki jaringan listrik. Padahal keberadaannya sangat vital, mengingat lokasi tersebut jauh dari puskesmas terdekat.

Sekretaris Komisi D DPRD Jember dr Yuli Priyanto Rabu pagi menerima laporan dari masyarakat, yang melaporkan kondisi memprihatikan puskesmas pembantu Dusun Complong Desa Gelang Kecamatan Sumberbaru. Untuk operasionalnya sehari-hari, puskesmas pembantu tersebut harus menyambung listrik dari sebuah sekolah dasar yang jaraknya 100 meter.

Menurut Yuli, atas kondisi ini seharusnya dinas kesehatan bertanggung jawab. Sebab keberadaan puskesmas pembantu sangat penting terutama untuk membantu ibu melahirkan, apalagi lokasinya jauh dari puskesmas. Dari Puskesmas Jatiroto yang paling dekat jaraknya mencapai 14 kilometer, dimana 8 kilometer diantaranya jalan belum diaspal. Jika memang dinas kesehatan tidak mampu mengadakan listrik untuk puskesmas pembantu tersebut lanjut Yuli, Anggota Komisi D sepakat akan urunan untuk pengadaan aliran listrik.

Sementara Kepala Puskesmas Sumberbaru dr Imam Hadi Susilo ketika dikonfirmasi pertelfon membenarkan belum adanya aliran listrik mandiri di puskesmas pembantu desa gelang. Tetapi selama 3 tahun dirinya bertugas di Sumberbaru, tidak pernah ada kendala berarti di puskesmas pembantu desa gelang.

Meski demikian lanjut Imam, pihaknya sudah pernah mengajukan permintaan kepada dinas kesehatan untuk pengadaan listrik di puskesmas pembantu tersebut. Tetapi entah kenapa sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari dinas kesehatan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Jember dr Olong Fajri Maulana ketika dikonfirmasi per telfon diterima oleh sekretaris pribadinya. Sekretaris dr Olong berjanji akan menyampaikan persoalan ini  kepada staf dinkes yang bertugas menanganinya.

(1,097 views)
Tags: