Kasus Dugaan Pengrusakan Rumah Warga Paseban Kencong Mulai Disidangkan

Sidang perdana kasus dugaan pengrusakan rumah di Desa Paseban Kencong, dengan terdakwa Suyono dan Surojo hari ini digelar. Sidang perdana kasus tersebut mengagendakan pembacaan dakwaan terhadap terdakwa.

Dalam sidang tersebut, kedua terdakwa, didakwa telah melakukan pengrusakan terhadap beberapa rumah warga, yang dianggap pro terhadap pro tambang pasir besi Paseban, serta melakukan provokasi terhadap warga.

Menurut salah satu Jaksa Penuntut Umum, Wilhelmina Manuhutu, akibat perbuatannya, kedua terdakwa akan dijerat pasal 170 KUHP dengan ancaman pidana diatas Lima Tahun Penjara. Dakwaan tersebut kata dia, dibuat berdasarkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari Penyidik Polres Jember.

Sementara kuasa hukum terdakwa, Jarmoko mengatakan, apa yang dilakukan oleh kliennya merupakan satu rangkaian penolakan masyarakat terhadap tambang pesir besi di paseban.

Dia menilai, dakwaan yang ditujukan kepada kliennya masih kabur dan tidak detail, karena ada beberapa fakta yang masih belum muncul. Untuk itu kata Jarmoko, pada sidang berikutnya akan mengajukan eksepsi atau pembelaan terhadap kliennya.

Sebelumnya, kedua terdakwa ditangkap dan ditahan aparat kepolisian karena diduga telah melakukan provokasi terhadap warga, dan melakukan pengrusakan terhadap beberarapa rumah masyarakat yang dianggap pro tambang. Penahanan yang dilakukan oleh Mapolres Jember beberapa waktu lalu, sempat menimbulkan aksi protes dari warga dengan berunjuk rasa di halaman Mapolres.

(1.144 views)
Tag: