Kajari: Baru Empat Lembaga BUMN Yang Menggunakan Jasa Pengacara Negara

Dari sekian banyak lembaga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada di Jember, baru empat lembaga yang menggunakan jasa pengacara Negara, untuk menangani kasus perdata dan tata usaha Negara. Hal ini terungkap pada saat sosialisasi tugas dan kewenangan kejaksaan dalam hukum perdata dan tata usaha, dengan perwakilan BUMN dan BUMD senin pagi.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Wilhelmus Lingitubun, berdasarkan data di Kejari Jember, baru empat Bumn yang melakukan kerjasama dengan kejaksaan, dalam penanganan kasus perdata dan tata usaha Negara. Empat BUMN itu PT PLN, PT Jamsostek, Bulog dan Perhutani.

Menurut Lingitubun, berdasarkan amanah undang-undang, kejaksaan diberi kewenangan untuk menjadi pengacara Negara. Namun mekanismenya dengan surat kerjasama khusus dengan BUMN dan BUMD. Kejaksaan dalam hal ini menjadi pengacara, untuk menyelamatkan aset dan kekayaan negara yang ada di BUMN dan BUMD.

Lebih lanjut Lingitubun menerangkan, kedepan pihaknya akan terus menggencerkan proses sosialisasi kepada seluruh BUMN dan BUMD yang ada di Jember, terkait peran kejaksaan sebagai pengacara Negara.

(924 views)
Tags: