Meski Tanpa Dihadiri 4 Fraksi Pendukung Rapat Pimpinan Jalan Terus

Meski tanpa dihadiri 4 ketua fraksi pendukung pasangan bupati dan wakil bupati non aktif, rapat pimpinan yang dilaksanakan Senin malam untuk mengagendakan banmus tetap berlanjut. Selasa siang pimpinan akan menggadakan rapat lagi untuk memutuskan akan mencoba mengundang pimpinan fraksi lagi atau langsung mengagendakan rapat banmus.Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa Ayub Junaedi mengatakan, dalam rapat pimpinan yang dilakukan Senin malam, hanya dihadiri ketua DPRD Jember Saptono Yusuf, wakil ketua Miftahul Ulum, ketua fraksi Demokrat, PKS dan Kebangkitan Bangsa. Meski demikian rapat pimpinan tetap dilanjutkan karena dalam tatib sendiri tidak ada klausul yang menyebutkan rapat pimpinan harus quorum.

Hasilnya lanjut Ayub, 4 pimpinan DPRD Jember Selasa sore akan menggelar rapat untuk memutuskan apakah masih perlu dilakukan undangan ulang kepada pimpinan fraksi dan komisi atau langsung mengagendakan jadwal pelaksanaan rapat banmus. Kalau rapat banmus menurut Ayub, ada klausul yang menyebutkan harus Quorum. Tetapi ada sangsi yang menjadi konsekuensi jika anggota dewan tidak hadir sebanyak 6 kali dalam rapat DPRD.

Ketua fraksi Golkar Yudi Hartono ketika dikonfirmasi mengatakan, dirinya memilih tidak hadir karena ada kepentingan lain. Lagi pula menurut Yudi, agenda rapat pimpinan tidak begitu urgent untuk dihadiri karena agenda yang akan dibahas tidak jelas.

Menurut Yudi ada kesepakatan dari seluruh anggota fraksi pendukung untuk tidak hadir dalam agenda rapat apapun sebelum ada tanggapan tentang mosi tidak percaya terhadap pimpinan. Jika hal ini sudah ditanggapi baru 29 anggota dewan dalam fraksi pendukung akan mengikuti semua agenda DPRD Jember.

(731 views)
Tag: