Mengintip Anggaran Kunker Wakil Rakyat Di R-APBD Tahun 2011

Tak hanya mendapatkan fasilitas dan tunjangan yang luar biasa. Dalam setiap tahun anggaran, ternyata kunjungan kerja untuk wakil rakyat dianggarkan kurang lebih sekitar 200 juta rupiah. Dalam draft R-APBD Tahun 2011 saja, dalam satu tahun anggaran kunker untuk wakil rakyat dianggarkan sebesar 200 juta lebih. Terkait persoalan tersebut, sejauh mana manfaat kunker kepada masyarakat? Kemudian bagaimana masyarakat terhadap anggaran kunker tersebut?

Tak hanya anggaran kunker saja yang jumlahnya cukup besar, anggaran untuk kegiatan lainnya juga sangat besar. Sebut misalkan, untuk rapat kelengkapan dewan dianggarkan sebesar 398 juta, kemudian rapat paripurna sebesar 541 juta, peningkatan kualitas anggota dewan sebesar 709 juta dan tunjangan kesehatan sebesar 531 juta rupiah.

Menurut Wakil Ketua DPRD Jember Lukman Winarno, besaran anggaran untuk anggota dewan di R-APBD dan APBD sebelumnya telah disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan di DPRD Jember. Prinsip penganggaran di DPRD Jember berbasis kinerja. Apalagi selama tahun 2010 kegiatan di dprd jember selalu padat.

Selama ini lanjut Lukman, semua anggaran yang digunakan oleh DPRD Jember bisa dipertanggung jawabkan dengan baik. Berdasarkan audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), nyaris tidak ada catatan merah dari BPK. Terkait anggaran untuk kunker, menurut Politisi Pdip itu, kunker merupakan suatu keniscayaan yang harus dilakukan oleh anggota dewan.

Sebab ada dua aspek yang ingin diraih dari kegiatan itu, yakni menindaklanjuti keluhan masyarakat dengan membandingkan dengan kondisi daerah lain, lalu mempelajari kemudian mendalaminya. Paling tidak pasca kunker tersebut persoalan yang di jember bisa terdijawab.

Lukman membantah, jika kegiatan kunker terkesan menghabiskan anggaran. Sebab menurutnya, banyak persoalan di masyarakat yang masuk ke Dprd bisa dijawab dengan membandingkan dengan daerah lain.

Senada dengan Lukman, Ketua Fraksi Golkar DPRD Jember Yudi Hartono mengatakan, anggaran di DPRD Jember sifatnya berbasis kinerja. Memang menurutnya, jika dilihat dari jumlah total cukup besar, hanya pada saat pelaksanaan kegiatan jumlah tersebut sangat kecil.

Persoalan kunker menurut Yudi, sudah diatur dalam rapat banmus di awal tahun anggaran. Jadi kata dia, dalam setiap tahun anggaran, kunker DPRD Jember sudah ditetapkan. Hanya saja yudi mengaku lupa berapa kali jatah kunker dalam setiap tahun anggaran.

Yudi juga membantah, jika kegiatan kunker manfaatnya tidak dirasakan langsung masyarakat. Buktinya kata dia, bantuan dari pemerintah pusat seperti dana untuk pembangunan double way gajah mada, baru bisa turun ketika Komisi C mendatangi dirjen PU pusat.

Secara terpisah, Koordinator Forum Komunikasi Anak Bangsa, Suharyono memandang, kunker yang dilakukan oleh wakil rakyat terkesan menghabiskan anggaran saja. Buktinya selama tahun 2010, hasil kunker wakil rakyat belum dirasakan oleh masyarakat.

Suharyono menilai, hasil kunker yang dilakukan oleh anggota dewan, tidak sebanding dengan besaran anggaran yang dikeluarkan oleh APBD Jember. Jadi menurutnya, alangkah lebih bijak jika tidak begitu penting, lebih baik anggota dewan tidak melakukan kunker. Terkecuali ada persoalan di jember yang penyelesaiannya mungkin didapat dari kunker anggota dewan ke daerah lain.

(962 views)
Tags: