STAIN Minta Dukungan Ketua DPR-RI Untuk Perubahan Status Menjadi Universitas

Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri atau STAIN Jember meminta dukungan ketua DPR RI Marzuki Ali terkait rencana alih status dari sekolah tinggi menjadi Universitas Islam Negeri. Hal ini disampaikan ketua STAIN Khusnuridlo di sela-sela kunjungan Marzuki Ali di STAIN Jum’at siang.

Menurut Khusnuridho, STAIN sebagai salah satu pencetak SDM dalam upaya pengembangannya membutuhkan dukungan ketua DPR-RI, yang punya otoritas politik tertinggi. Apalagi saat ini lanjut Khusnuridho secara obyektif kondisi dan potensi STAIN semakin bertambah.

Dari sisi sumber daya manusia, saat ini dosen jurusan mata kuliah umum semakin bertambah secara proporsional, seiring dengan pertambahan program studi yang ada. Jadi saat ini di STAIN yang mengajar tidak hanya dosen jurusan agama tetapi juga banyak dari jurusan umum.

Bahkan untuk menunjang upaya perubahan status menjadi Universitas Islam Negeri, pihak STAIN saat ini mengajukan 5 progam studi baru. Sementara progam studi yang sudah ada akan terus dikembangkan. Tetapi jika memang tidak memungkinkan untuk berupah menjadi universitas negeri, bisa juga STAIN akan berubah menjadi IAIN terlebih dahulu sambil menyiapkan peralihan status menjadi universitas.

Sementara ketua DPR-RI Marzuki Ali ketika dikonfirmasi usai memberikan pengarahan kepada jajaran pimpinan dan staf STAIN mengatakan, prinsipnya dirinya akan mendukung jika ada rencana perubahan status STAIN Jember. Hanya saja perlu diinventarisasi dulu kesiapan yang dimiliki STAIN Jember. Sebab untuk berubah status menjadi universitas ada kriteria yang harus dipenuhi.

Diberitakan sebelumnya, STAIN Jember yang merupakan grade terendah dalam perguruan tinggi islam menargetkan dalam 2 sampai 3 tahun kedepan sudah bisa berubah status menjadi IAIN ataupun Universitas Negeri Islam. Bahkan untuk mencapai terget tersebut STAIN Jember telah membentuk tim khusus guna mengkaji persyaratan yang dibutuhkan. Rencananya awal tahun 2011 mendatang proposal pengajuan perubahan status ini sudah akan dikirimkan ke dirjen pendidikan tinggi.

(1,201 views)
Tags: