Selama Kurun Waktu 1 Tahun, Kejari Jember Tangani 32 Kasus Korupsi

Selama kurun waktu satu tahun, Kejaksaan Negeri Jember menangani 32 kasus tindak pidana korupsi. 5 kasus diantaranya sudah berkekuatan hukum tetap, 4 kasus dinaikkan ke penuntutan dan sisanya 23 kasus masih dalam proses penyedikan.

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejaksaan Negeri Jember, Adang Sutardi, usai mengikuti acara Hari Bakti Adhyaksa ke 50, menjelaskan, 5 kasus korupsi, yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap (inkrah), kesemuanya kasus P2SEM.

Adang menambahkan, untuk 24 kasus yang masih dalam proses penyidikan, 2 diantaranya limpahan dari Kejati Jawa Timur, yakni kasus bulog dan kasus brigif, sedangkan yang lain, seperti kasus P2SEM, peprustakaan keliling, pengadaan alat kesehatan dan beberapa kasus lain.

Ketika disinggung soal kasus dugaan korupsi lapangan terbang, Adang mengaku tidak tahu menahu perkembangannya, sebab kasus tersebut ditangani langsung oleh Kejaksaan Agung.

Lebih lanjut Adang menjelaskan, khusus untuk kasus P2SEM, Kejaksanaan Negeri Jember, berhasil menyelamatkan keuangan negara sekitar 5 miliar rupiah, Jumlah tersebut setelah digabungkan dengan kasus Pujiarto. Sedangkan kasus korupsi yang melibatkan pejabat, Kejari berhasil menyelamatkan keuangan negara kurang lebih 400 juta lebih.

(960 views)
Tags: