Makelar MK Berkeliaran Di Jember Memanfaatkan Moment Pemilu Kada

Moment pemilu kada kabupaten Jember dimanfaatkan oleh orang-orang yang menagku memiliki jaringan di Mahkamah Konstitusi, untuk mengeruk keuntungan. Setidaknya ada 3 orang yang sudah menghubungi ketua DPRD Jember Saptono Yusuf menawarkan jasa untuk melobby MK.

Ketua DPRD Jember Saptono Yusuf mengaku prihatin atas berkeliarannya makelar MK di Jember. Tidak diketahui dengan jelas apakah orang tesebut benar-benar memiliki jaringan di MK, atau hanya mengaku-ngaku untuk mengeruk keuntungan finansial semata.

Persoalan yang ditawarkan menurut Saptono bervariasi. Mulai persoalan bankum untuk mengugurkan salah satu calon, sampai dengan mengajukan gugatan terhadap hasil pemilu kada Jember ke Mahkamah Konstitusi. Bahkan menurut Saptono dari 3 orang yang menawarkan jasa tersebut satu diantaranya berani menemuinya langsung, dengan mengaku sebagai anggota satgas pemberantasan mafia hokum. Saptono menduga modus semacam ini tidak hanya terjadi kepadanya, tetapi juga terjadi kepada tim sukses pasangan calon yang lain.

Sebagai ketua DPC Partai Demokrat Jember Saptono akan melaporkan persoalan ini ke jajaran pengurus diatasnya, termasuk kepada DPP Partai Demokrat. Sebab bagaimanapun juga praktek makelar kasus seperti ini membuat citra buruk pemerintahan SBY. Setidaknya saat bertemu ketua umum DPP Demokrat di Blitar beberapa waktu lalu Saptono sudah menyampaikan persoalan ini.

(758 views)
Tags: