Belasan Perwakilan Elemen Masyarakat Dukung Hasil Pemilu Kada

Belasan orang perwakilan elemen masyarakat Jember Selasa siang mendatangi KPU kabupaten Jember. Mereka mendukung hasil pemilu kada dan meminta KPU melanjutkan tahapan proses pemilu kada sebagaimana mestinya.

Ketua Pemuda Panca Marga Sudjatmiko mengatakan, partisipasi publik dalam pemilu kada saat ini lebih baik dibanding pemilu sebelumnya. Ini membuktikan KPU kabupaten Jember bersama masyarakat telah berhasil menggelar pemilu kada dengan sukses. Untuk itu Sudjatmiko berharap semua pihak memberikan waktu kepada KPU untuk melanjutkan tahapan berikutnya.

Urusan puas dan tidak puas lanjut Sudjatmiko sangat relatif sekali. Jika merujuk kepada kesepakatan sebelum pelaksanaan pemilu  dulu, semua pihak sudah sepakat untuk menggelar pemilu damai. Seharusnya saat ini menurut Sujatmiko semua harus konsekuen menerima hasil pemilu kada. Jika diduga terjadi kecurangan, bisa disalurkan melalui jalur hukum sesuai perundang-undangan.

Hal senada disampaikan wakil ketua GP Anshor Jember Ahmad Halim. Menurut Halim, proses demokrasi di Jember sudah berjalan adil dan transparan. Semua calon hendaknya bisa menerima hasil pemilu kada dengan legowo, sebagai seorang negarawan. Jika ada pihak yang belum puas merupakan sesuatu yang wajar, tetapi hendaknya di salurkan melalui jalur hokum.

Sementara ketua KPU kabupaten Jember Catty Tri Setyorini menuturkan, sebagai ketua KPU kabupaten Jember dirinya berterima kasih atas dukungan dari element masyarakat ini. Apalagi di dalamnya ada Ahmad Halim, yang meskipun datang atas nama Anshor, sudah mencerminkan pengakuan dari salah satu partai politik besar terhadap hasil pemilu kada Jember.

Catty juga mengaku siap bertanggung jawab atas hasil pemilu kada Jember, karena jika memang terjadi kecurangan, kericuhan tidak akan terjadi di KPU tetapi langsung terjadi di tingkat KPPS ataupun PPK. padahal dari hasil inventarisir persoalan saat rakor dengan PPK beberapa waktu lalu tidak ada persoalan yang signifikan.

Dugaan kecurangan secara sistematis, terstuktur dan masih dipastikan tidak benar. Menurut Catty KPU bunuh diri jika mencoba dengan sengaja melakukan kecurangan atau rekayasa untuk memenangkan salah satu calon.

Lebih jauh Catty menerangkan, hari Rabu 14 Juli besok KPU kabupaten Jember akan melakukan penghitungan tingkat kabupaten di hotel Bandung Permai. Hasil penghitungan tersebut akan diumumkan melalui media massa, siapa calon yang akan ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih.

(700 views)
Tags: