Penetapan Pembahasan LPP Melalui Pansus Hujan Interupsi

Pembahasan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD atau LPP APBD 2009 melalui pansus, menjadi perdebatan panas antar anggota dewan dalam paripurna internal usai sidang paripurna penyampaian LPP APBD oleh bupati. Pasalnya anggota komisi D Abdul Ghofur merasa pansus telah merampas tugas dan kewenangan komisi.

Ketika pimpinan sidang mengatakan bahwa pembahasan LPP APBD akan dilakukan oleh pansus, Ghofur langsung menyatakan interupsi. Ghofur berpendapat pembahasan LPP menjadi kewenangan komisi. Sebab yang selama ini tahu seluk beluk keuangan masing-masing SKPD adalah komisi.

Jika pembahasan LPP APBD dilakukan oleh pansus lanjut Ghofur, tidak mungkin bisa berjalan efektif. Sebab belum tentu anggota pansus yang dibentuk nantinya memahami dengan benar anggaran yang melekat di masing-masing SKPD. Ghofur menilai pengambilalihan pembahasan LPP oleh pansus sama saja dengan merampas hak komisi.

Sementara anggota komisi C DPRD Jember Yudi Hartono tidak sependapat dengan pernyataan Ghofur yang menilai pembahasan oleh pansus merupakan pengebirian hak komisi. Menurut Yudi sejak awal DPRD sudah membentuk badan anggaran sebagai salah satu kelengkapan dewan. Dan kesepakatan dalam Banmus sebelumnya diupayakan sebisa mungkin anggota badan anggaran masuk dalam pansus yang akan membahas LPP.

Seeingga Yudi menilai tidak benar jika dikatakan pembahasan oleh pansus merampas hak komisi. Sebab dalam tatib sendiri menyebutkan pembahasan bisa dilakukan oleh komisi, gabungan komisi maupun pansus. Diputuskan pembahasan melalui pansus hanya dengan pertimbangan mepetnya waktu yang ada.

Senada dengan Yudi, sekretaris komisi C DPRD Jember Ayub Junaedi juga menilai tidak ada anggota dewan yang merasa dirampas haknya. Yang diputuskan oleh Banmus yaitu pembahasan LPP melalui pansus sudah sesuai dengan mekanisme. Sehingga tidak ada alasan bagi pimpinan sidang untuk membatalkan keputusan tersebut.

Setelah melalui hujan interupsi, pimpinan sidang akhirnya memutuskan pembahasan LPP APBD tetap dilakukan oleh pansus. Ssebab hampir seluruh anggota dewan tidak pernah merasa haknya sebagai anggota komisi dirampas, dan sepakat pembahasan dilakukan oleh pansus.

(723 views)
Tag: