Mengantisipasi Kecurangan Pemilu Kada

Salah satu logistik Pemilu Kada yakni surat suara, saat ini sedang dalam proses pencetakan. Surat suara untuk pemilu kada dicetak oleh rekanan di daerah kudus. Untuk mengatisipasi pemalsuan, KPU Kabupaten Jember memberi tanda khusus pada surat suara, yang hanya bisa dikenali oleh kpu dan rekanan. Terkait proses pengamanan pendistribusian surat suar, bagaimana langkah kpu untuk mengantisipasi pemalsuan surat suara? Kemudian, bagaimana pula pengawasan yang akan dilakukan panwaslu terkait pendistribusian surat suara? dan bagaimana sikap kepolisian?

KPU kabupaten jember sengaja memberi tanda khusus pada surat suara, untuk mengetahui apakah surat suara tersebut asli atau tidak. Demikian ungkapan Ketua Kpu Kabupaten Jember, Ketty Tri Setyorini.

Selain tanda khusus tersebut, menurut Ketty, bahan untuk surat suara lebih besar daripada kertas HVS, sehingga tidak mudah dipalsukan. Serta masyarakat bisa melihat dan mudah membandingkannya dengan kertas di pasaran.

Ketty menambahkan, untuk mengantisipasi kecurangan oleh rekanan, secara bergantian anggota kpu akan memantau, mulai dari proses pencetakan hingga pendistribusian. Selain itu, kpu akan meminta kepada aparat kepolisian, untuk turut serta mengawal proses tersebut.

Lebih lanjut Ketty menjelaskan, tidak jauh berbeda dengan pemilu sebelumnya, untuk pemilu kada jember mendatang, Kpu mencetak surat suara sesuai dengan DPT, ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.

Sementara Anggota Panwaslu Kada, Mohammad Syaifuddin mengatakan, pada prinsipnya panwaslu kada akan mengawal proses pencetakan surat suara, hingga pendistribusian ke tempat pemungutan suara (TPS).

Bahkan lanjut Syaifuddin, pekan depan Panwaslu Kada berencana akan berangkat ke kudus, untuk memantau proses pencetakan surat suara. Karena bagaimanapun, tugas panwaslu adalah mengawasi seluruh tahapan pelaksanaan pemilu kada, termasuk proses pencetakan surat suara. Khusus untuk pendistribusian surat suara ke TPS, panwaslu akan melakukan koordinasi dengan kpu.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Jember, Kompol Erick Hermawan mengaku, pihaknya sudah menerima surat dari kpu untuk meminta pengawalan distribusi surat suara, mulai dari pihak rekanan hingga ke TPS.

Khusus untuk pendistribusian dari rekananan ke kpu lanjut Erick, Polres Jember akan mengirimkan dua personil untuk mengawal proses tersebut. Selain itu, polres akan melakukan koordinasi dengan Polres Kudus untuk meminta pengawalan.

Erick menambahkan, sedangkan untuk distribusi surat suara dari kpu ke PPK dan PPS, akan di kawal oleh masing-masing Polsek. Hal ini dilakukan, untuk meminimalisir akan terjadinya kecurangan pada saat pelaksanaan pemilu kada.

Lebih jauh Erick menerangkan, khusus pada pelaksanaan pencoblosan, polres akan menugaskan satu anggota untuk mengawasi enam TPS. Jadi kata dia, satu anggota tersebut akan berkeliling di enam tps sesuai tugasnya.

(884 views)
Tags: