10 Persen Kotak Suara Tidak Layak Pakai

Sedikitnya 10 persen kotak suara pilpres dan pileg lalu dalam kondisi rusak, karena keterbatasan gudang yang dimiliki KPU kabupaten Jember. Meski demikian jumlah kotak suara yang tersedia saat ini dipastikan mencukupi untuk kebutuhan pemilu kada mendatang. Hari ini KPU kabupaten mulai mendistribukan kotak suara ke masing-masing PPK.

Ketua KPUD Jember Catty Tri Setyorini menjelaskan, untuk saat ini memang baru kotak suara yang bisa didistribusikan ke PPK. Sebab pencetakan surat suara oleh rekanan masih belum selesai. Setiap TPS lanjut Catty, akan menerima satu kotak suara dan 2 bilik suara. Sehingga jika ditotal kebutuhan kotak dan bilik suara mencapai hampir 10 ribu buah. Jumlah tersebut menurut Catty jauh lebih kecil dibanding kebutuhan saat pemilu legislatif lalu yang membutuhkan 4 kotak suara per TPS.

Menurut Catty, kotak suara yang didistribusikan untuk keperluan pemilu kada ini adalah kotak suara pemilu legislatif dan pemilu presiden. Karena tidak memiliki gudang yang memadai, sedikitnya 10 persen kotak suara dalam kondisi tidak layak pakai. Meski demikian seluruh kerusakan kotak tersebut sudah diganti oleh KPU Pusat sehingga jumlah kotak yang tersedia dipastikan masih mencukupi.

Lebih jauh Catty menerangkan, Setelah kotak suara berada di tangan PPK, harus segera didistribusikan kepada masing-masing PPS yang ada di wilayahnya. Sehingga diharapkan tidak akan terjadi keterlambatan distribusi logistik pemilu kada. Catty menargetkan 2 hari jelang pencoblosan seluruh logistik pemilu kada harus sudah sampai di tingkat KPPS

(823 views)
Tag: