PMII Hadang Mobil Ketua Umum PBNU

Kedatangan ketua umum PBNU Said Agil Siraj di STAIN Jember untuk memberikan kuliah terbuka Jumat pagi disambut aksi unjuk rasa puluhan mahasiswa PMII STAIN Jember. Mereka sempat menghadang mobil yang dikendarai Said Agil saat akan memasuki halaman STAIN, untuk memberikan bukti berupa sebuah spanduk salah satu cabup yang dipasang di kantor PCNU.

Salah satu pengunjuk rasa Abdul Ghofur mengatakan, PMII menilai PCNU Jember sudah mengingkari semangat perjuangan NU, yang tertuang dalam muktamar di Makasar beberapa waktu lalu. PCNU Jember sudah ikut larut dalam pertarungan pemilu kada secara kelembagaan. Bahkan fasilitas kantor PCNU Jember berupa salah satu ruangan dipakai sebagai posko kemenangan salah satu pasangan calon.

Menurut Ghofur, tidak akan menjadi persoalan ketika dukungan tersebut secara perorangan, dan tidak menggunakan fasilitas kantor PCNU. Tetapi jika sudah menggunakan kantor PCNU, apalagi dukungan dinyatakan secara terbuka secara kelembagaan, otomatis akan mendorong warga NU yang lain untuk memilih pasangan calon tersebut.

Sementara ketua umum PBNU Said Agil Siraj saat dikonfirmasi mengatakan, tidak boleh NU secara kelembagaan ikut aksi dukung mendukung dalam perhelatan politik. Untuk yang terjadi di PCNU Jember secara resmi PBNU akan memberikan teguran.

Menurut Agil aksi yang dilakukan PMII sudah tepat untuk mengawal NU. Tetapi Agil berharap PMII juga bisa bersikap adil dengan melakukan aksi yang sama ketika ada calon lain yang berbuat salah. Jangan kemudian tendensius terhadap salah satuc calon saja.

Sebelumnya belasan aktifis mahasiswa yang menamakan dirinya Aliansi Mahasiswa Nahdliyin menggelar aksi unjuk rasa, menuntut pembubaran posko pemenangan cabup di kantor PCNU Jember. Dalam aksi tersebut mahasiswa menurunkan paksa spanduk bertuliskan posko penenagan yang berada di salah satu ruangan kantor PCNU. Selain itu mereka juga mencopot puluhan stiker pasangan cabup-cawabup yang tertempel di kaca-kaca kantor PCNU.

(805 views)
Tag: