Eksekutif Pinjamkan 13 Mobil Dinas Baru Kepada DPRD Jember

Rabu siang ada pemandangan berbeda di areal parkir DPRD Jember. Setidaknya ada belasan mobil warna hitam jenis toyota avanza yang semuanya belum ber plat nomor. Belasan mobil tersebut merupakan mobil dinas bagi pimpinan fraksi, komisi dan badan kehormatan.

Wakil ketua DPRD Jember Lukman Winarno ketika dikonfirmasi menuturkan, mobil tersebut merupakan pinjaman dari pemkab untuk menunjang kinerja anggota DPRD Jember. Dalam pembahasan RAPBD lalu dewan memang menyampaikan kepada eksekutif, bahwa mobil fraksi jenis L-300 yang selama ini dipakai DPRD Jember sudah dalam kondisi tidak layak.

Sehingga eksekutif melalui bagian umum melakukan pengadaan mobil untuk dipinjamkan kepada DPRD Jember. Tetapi mobil tersbut bukan merupakan mobil inventaris DPRD, melainkan inventaris bagian umum dengan status dipinjamkan kepada DPRD Jember. Fasilitas mobil dinas ini menurut Lukman sudah diatur dalam undang-undang. Sehingga dasar hukum untuk pengadaannya sudah jelas.

Mengenai berapa anggaran untuk pengadaan belasan mobil tersebut Lukman mengaku tidak tahu, karena semua menjadi kewenangan eksekutif. Untuk pengadaannya pun tidak melalui sekretariat DPRD. Yang jelas lanjut Lukman, dalam pembahasan RAPBD lalu, dewan menyampaikan bahwa mobil wakil ketua jenis toyota inova kurang satu karena adanya perubahan susduk. Jika periode sebelumnya pimpinan dewan hanya 3 orang, saat ini menjadi 4 orang.

Selain mobil untuk pimpinan, DPRD Jember juga membutuhkan 7 mobil dinas untuk fraksi, 4 mobil ketua komisi, dan satu mobil untuk badan kehormatan. Sehingga total kebutuhan mobil dinas DPRD Jember berjumlah 13 unit.

(994 views)
Tags: