Demokrat Ambil Formulir Untuk Pasangan Guntur Ariyadi-Gus Aab

DPC Partai Demokrat Jember Rabu siang mengambil formulir pendaftaran calon bupati dan wakil bupati ke KPUD Jember. Pengambilan formulir dilakukan sendiri oleh ketua DPC Demokrat Jember Saptono Yusuf.

Ketua KPUD Jember Catty Tri Setyorini mengatakan, Demokrat dinyatakan memenuhi syarat memberangkatkan calon karena memiliki 9 kursi di parlemen. Sebelumnya PKB yang berkoalisi dengan PPD dan Barnas juga telah melakukan pengambilan formulir. Demikian juga PDI Perjuangan yang juga dinyatakan memenuhi syarat memberangkatkan calon karena memiliki 8 kuris di parlemen.

Selain itu 22  partai non parlemen yang tergabung dalam forum komunikasi parpol juga dinyatakan memenuhi syarat mengusung calon, karena ketika dihitung total perolehan suara mereka mencapai 15 persen. Tetapi sampai Rabu siang belum ada satupun calon perseorangan yang melakukan pengambilan formulir. KPUD Jember lanjut Catty memberikan batas waktu hingga 16 April untuk pengembalian formulir yang harus dilakukan oleh pasangan calon sendiri.

Sementara ketua DPC Demokrat Jember Saptono Yusuf mengatakan, partai Demokrat melakukan pengambilan formulir ke KPUD Jember karena seluruh jajaran pengurus mulai di tingkat DPC hingga ranting sudah sepakat mengusung pasangan calon yang direkomendasi oleh DPP yakni Guntur Ariyadi-Gus Aab.

Mengenai terjadinya friksi-friksi sebelumnya di tubuh Demokrat  Saptono menganggap sesuatu yang wajar dalam berdemokrasi. Perbedaan merupakan sebuah konsekuensi ketika Demokrat melakukan penjaringan secara terbuka. Kondisi demikian merupakan sebuah tantangan bagi calon yang akan diusung untuk bisa menyatukan friksi yang selama ini terbentuk secara alami.

Saptono juga berharap calon yang akan diusung Demokrat nantinya mampu meningkatkan komunikasi dengan jajaran kader Demokrat di semua lini. Sebab hanya dengan demikian mesin politik dapat berjalan dengan baik. Terkait rencana koalisi menurut Saptono sejauh ini masih belum sempat dibahas. Namun pada intinya Demokrat siap berkoalisi dengan PKB yang nampaknya juga mendukung pasangan Guntur Ariyadi-Gus Aab. Hanya secara tehnis masih perlu dibicarakan lebih intens. Demokrat menurut Saptono juga sedang menjalin komunikasi dengan PKS yang hingga saat ini belum memutuskan akan mendukung siapa. Hanya saja jika ternyata benar rekomendasi PKB jatuh kepada Guntur, keputusan berkoalisi dengan PKS akan diputuskan oleh kedua partai.

(840 views)
Tag: