Jenasah TKI Asal Jember Yang Meninggal Di Arab Saudi Hari Ini Sampai Di Rumah Duka

Jenazah Riyadiyanto salah satu TKI asal desa Puger Kulon kecamatan Puger yang meninggal di Arab Saudi, tiba di Indonesia. Hingga berita ini diturunkan jenazah korban masih dalam perjalanan menuju ke rumah duka, setelah sebelumnya sampai di bandara Sukarno Hatta Jakarta hari Rabu.

Anggota komisi D DPRD Jember Kholil Asy’ari mengatakan, pihaknya akan menyambut kedatangan jenazah untuk mengantarkan ke peristirahatan terakhir. Kholil berharap peristiwa yang dialami Riyadianto yang meninggal di luar negeri adalah yang terakhir kalinya. Sebab kasus semacam ini menurut Kholil sering kali menimpa TKI.

Pemicunya menurut Kholil, banyak calon TKI yang memilih cara instan untuk berangkat. Padahal justru melalui jalur yang mudah itu ternyata tidak ada jaminan keamanan. Memang Riyadianto berangkat ke luar negeri secara legal. Tetapi korban tidak berangkat dari Jember, sehingga datanya tidak pernah tercatat sebagai TKI di dinas tenaga kerja Jember.

Sementara kepala Disnakertrans Jember Mohammad Thamrin ketika dikonfirmasi sebelumnya mengatakan, jenazah Riyadianto bisa dipulangkan setelah pihaknya berkoordinasi dengan pihak kedutaan Indonesia di Arab Saudi. Kepulangan jenazah ini dilakukan setelah adanya surat pernyataan dari pihak keluarga yang meminta jenasah korban dipulangkan. Sedangkan untuk biaya pemulangan ditanggung oleh PJTKI yang memberangkatkannya.

Riyadiyanto merupakan salah satu caleg PAN yang mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD Probolinggo dalam pileg lalu. Namun karena gagal dan harus menanggung sejumlah hutang, Riyadiyanto memutuskan berangkat bekerja ke luar negeri untuk menutup hutangnya.

Riyadiyanto sampai di Arab Saudi 13 November 2009 lalu, dan bekerja sebagai sopir kepada Salim Hamid Al Harbi. Awalnya semua berjalan normal. Tiba-tiba tanggal 3 Februari lalu, Riyadiyanto dikabarkan meninggal dunia karena sakit gagal sirkulasi darah dan gagal ginjal. Selama ini pemulangan jenasah korban terganjal exit permit, sehingga untuk sementara disemayamkan di kamar jenasah rumah sakit King Faisal Arab Saudi.

(893 views)
Tags: