Pemkab Jember Kekurangan 2000 PNS

Pemkab Jember saat ini membutuhkan sedikitnya 2 ribu pegawai khususnya untuk bidang prioritas seperti pendidikan, kesehatan dan pertanian. Tetapi seperti tahun sebelumnya, Badan Kepegawaian Nasional hanya memberikan jatah pengangkatan 200 sampai 300 orang PNS.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sugiarto mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyusun formasi kebutuhan pegawai yang nantinya akan dijadikan usulan kepada menteri pendayagunaan aparatur Negara, untuk rekrutment CPNS tahun 2010. Secara kasar sudah diketahui kebutuhan pegawai di Jember sekitar 2 ribu orang.

Tetapi nampaknya kebutuhan tersebut akan sulit untuk terpenuhi seluruhnya. Sebab BKN hanya akan melakukan pengangkatan 150 ribu pegawai baru yang akan dibagi untuk seluruh kabupaten dan kota se Indonesia. Pengalaman tahun sebelumnya lanjut Sugiarto, Jember hanya mendapat jatah 200 sampai 300 orang. Jumlah tersebut menurut sugiarto 40 persen diantaranya akan dialokasikan untuk tenaga pengajar, sisanya dibagi untuk tenaga medis, pertanian dan tenaga tehnis lainnya.

Lebih jauh Sugiarto menerangkan, tahun sebelumnya pemkab Jember mendapat jatah pengangkatan tenaga honorer mulai tahun 2005 menjadi PNS sebanyak 3 ribu orang. Tetapi jumlah PNS yang memasuki masa pensiun setiap tahun berkisar 500 orang, sehingga terjadi keseimbangan. Tetapi untuk tahun ini jika jatah pengangkatan hanya 300 orang, tentu akan terjadi kekurangan karena yang akan pensiun sudah pasti berkisar 500 sampai 550 orang.

(732 views)
Tags: