PAN Asumsikan Kasus Hukum Jalal Hanya Black Campaign

DPD PAN Jember memberikan rekomendasi untuk pencalonan incumbent MZA Djalal Kusen Andalas. Selain alasan survey internal, Partai Amanat Nasional berasumsi kasus Jalal tidak pernah ada. Sebab selama beberapa bulan ditelusuri ternyata tidak pernah ada bukti hitam diatas putih terkait kasus hukum Jalal.

Ketua tim pemenangan pemilu kada DPD PAN Jember Rendra Wirawan mengatakan, setelah melalui rapat pleno DPW PAN Jawa Timur tertanggal 11 Maret 2010, DPW PAN memutuskan memberikan rekomendasi pencalonan incumbent MZA Djalal-Kusen Andalas. Dengan keluarnya rekom tersebut sekaligus sebagai perintah kepada jajaran pengurus hingga di tingkat sub rayon untuk bekerja membantu pemenangan incumbent.

Menurut Rendra, faktor paling dominan yang dijadikan landasan pemberian rekom kepada incumbent adalah hasil survey internal PAN yang menyebutkan bahwa incumbent memiliki kemungkinan terbesar untuk menang dibanding calon lain.

Sementara sekretaris DPD PAN Jember Didik Setyobudi mengatakan, DPW PAN sudah memertimbangkan semua faktor sebelum memutuskan untuk memberikan rekomendasi kepada incumbent. Termasuk salah satunya isu kasus hukum yang banyak disuarakan beberapa LSM dan media massa.

Tetapi melalui kader PAN baik yang ada di propinsi maupun di pusat, pihaknya tidak pernah menemukan selembar kertaspun yang bisa mengarah adanya kasus terhadap Jalal. Karena itu DPW PAN Jawa Timur berasumsi bahwa isu kasus hukum terhadap jalal hanya sebatas kampanye hitam.

Sementara ketua DPD PAN Jember Agus Fathurahman tidak khawatir partainya hanya sebagai pelengkap dalam pencalonan kembali incumbent dalam pemilu kada mendatang. Menurut Agus dalam pemilu kada ini semua partai akan bekerja bersama dalam posisi sejajar. Sebab PAN dalam pencalonan incumbent bukan sebagai partai pendukung, tapi sebagai partai pengusung sama dengan 5 partai lainnya.

Diberitakan sebelumnya, DPD Partai Amanat Nasional mengusulkan Taufik Setyadi dan MZA Djalal untuk mendapatkan rekom DPW Jawa Timur. Tetapi berdasarkan dari hasil survey dan sidang pleno DPW, diputuskan memberikan dukungan penuh kepada MZA Jalal. Dengan demikian DPD PAN Jember resmi bergabung dengan PDIP, PKNU, PPP, Hanura dan Golkar yang terlebih dulu memastikan mendukung incumbent.

(1.080 views)
Tag: