KPUD Tidak Sediakan Biaya Pemeriksaan Kesehatan Calon Bupati Dan Wakil Bupati

KPUD Jember tidak memiliki anggaran untuk pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati, yang akan dilakukan tanggal 16 sampai 20  April mendatang. Sehingga para calon harus mengeluarkan uang sendiri untuk biaya pemeriksaan di RSUD Subandi.

Anggota KPUD Jember Gogot Cahyo Baskoro usai sosialisasi persyaratan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati di KPUD Jember Rabu Siang mengatakan, KPUD memang tidak menganggarkan biaya pemeriksaan kesehatan, karena KPUD tidak bisa memastikan berapa jumlah calon yang akan mendaftar. Selain itu KPUD juga tidak tahu standarisasi pemeriksaan seperti apa yang akan dilakukan oleh pihak rumah sakit serta biaya yang dibutuhkan.

Namun setelah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit beberapa waktu lalu, baru diketahui bahwa biaya yang dibutuhkan untuk pemeriksaan kesehatan mencapai 5,5 juta rupiah per orang. Artinya satu pasangan calon harus menyediakan biaya sebesar 11 juta rupiah untuk cek up kesehatan.

Gogot yakin biaya sebesar itu tidak akan menjadi persoalan bagi calon. Sebab ketika para calon sudah menyatakan dirinya siap maju sebagai calon bupati dan wakil bupati, tentu mereka sudah menyiapkan anggaran untuk cost politik yang nilainya tidak mungkin sedikit.

Menurut Gogot besarnya biaya tersebut disebabkan karena pihak rumah sakit harus menyediakan ruangan khusus bagi pemeriksaan para calon. Selain pemeriksaan yang dilakukan sangat lengkap sekitar 10 macam pemeriksaan, juga dibutuhkan tim dokter spesialis khusus untuk pemeriksaan ini. Sehingga dokter yang akan memeriksa nanti bukan dokter yang melakukan praktek di poli pada umumnya.

(772 views)
Tag: