Anggaran Pemilu Kada Putaran Pertama Dicairkan

Persoalan anggaran yang selama ini dialami KPUD Jember akhirnya terjawab. Sebab anggaran pemilu kada dari pemkab Jember untuk putaran pertama senilai 25 milyar rupiah sudah bisa dicairkan melalui 3 termin.

Anggota KPUD Jember Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, sesuai ketentuan pencairan dilakukan 3 kali per 3 bulan sekali. Untuk termin pertama 4,8 milyar, termin kedua 8,5 milyar dan termin ketiga 11,5 milyar rupiah. Dengan cairnya anggaran ini menurut Gogot setidaknya bisa menjawab kesulitan anggaran yang dialami KPUD Jember selama ini.

Untuk penggunaannya lanjut Gogot, sebagian besar didistribusikan kepada PPK untuk biaya operasional dan honor PPS dan KPPS. Dari 25 milyar tersebut 18,8 milyar diantara didistribusikan ke PPK. Sementara yang di kelola KPUD hanya 6,2 milyar, itupun masih dipotong untuk pengadaan logistik 3,6 milyar rupiah.

Sebelumnya akibat belum cairnya anggaran pemilu kada KPUD Jember sedikitnya memiliki tanggungan kepada pihak lain senilai 300 juta rupiah. Sebab sejak tahapan pemilu kada dilaunching 7 Januari lalu, KPUD membutuhkan anggaran operasional.

Jika hingga bulan Maret anggaran pemilu kada belum juga turun, honor PPK jelas tidak akan bisa terbayar. Yang lebih mengkhawatirkan KPUD tidak akan mampu memenuhi anggarn operasional yang dibutuhkan oleh PPK, sehingga praktis tahapan pemilu kada macet total.

(613 views)
Tag: