Koalisi PKB – Demokrat Sulit Terwujud

Peluang koalisi antara partai Demokrat dan PKB seperti keinginan PCNU Jember nampaknya akan sulit terlaksana. Sebab kedua parpol sama-sama melakukan penjaringan calon bupati, bahkan partai Demokrat menurunkan rekomendasi sudah dalam kondisi berpasangan.

Ketua DPC Partai Demokrat Jember Saptono Yusuf mengatakan, meski DPD Demokrat sudah menyatakan rekomendasi DPP untuk pasangan Guntur Ariyadi dan Gus Aab, sejauh ini DPC sendiri belum menerima pemberitahuan secara resmi. Jika rekom tersebut benar, artinya akan sulit Demokrat berkoalisi dengan PKB.

Menurut Saptono, mekanisme di Demokrat masih belum jelas apakah rekom nanti berpasangan atau hanya calon bupatinya saja. Seperti di Surabaya misalnya, DPP hanya memberikan rekom kepada calon walikota, sementara wakilnya diserahkan kepada mekanisme DPC. Tetapi kabarnya untuk Jember rekom langsung turun berpasangan.

Jika Gus Aab sudah mewakili aspirasi PKB bisa jadi koalisi akan terwujud. Tertapi akan timbul kendala ketika yang merupakan aspirasi PKB bukan calon wakil bupati yang direkomendasikan oleh Demokrat. Meski demikian lanjut Saptono, dalam politik semua kemungkinan masih bisa terjadi, apalagi jadwal pendaftaran di KPUD Jember masih lama.

Sementara sekretaris DPC PKB Jember Ayub Junaedi mengtatakan, saat ini DPP PKB hanya akan mempertimbangkan dua nama yakni Guntur Ariyadi dan Bagong Sutrisnadi sebagai calon bupati. Sementara untuk calon wakil bupatinya diserahkan sepenuhnya kepada DPC, dengan catatan diambilkan dari 11 bakal calon lain yang juga mendaftar dalam penjaringan PKB.

Kemungkinan koalisi dengan Demokrat lanjut Ayub, masih akan menunggu rekomendasi dari pusat. Meski PCNU meminta PKB untuk berkoalisi dengan Demokrat karena Gus Aab merupakan kader NU, Ayub lebih memilih menyerahkan mekanisme kepada jajaran pengurus hingga di tingkat PAC. Sebab kesepakatan dengan PCNU sebelumnya, PCNU meneyerahkan daftar nama kepada PKB, tetapi siapa yang akan dipilih diserahkan sepenuhnya kepada PKB.

Diberitakan sebelumnya sekretaris PCNU Jember Misbahussalam menyambut baik turunnya rekomendasi DPP Partai Demokrat kepada Guntur Ariyadi dan ketua PCNU Jember Abudullah Samsul Arifin sebagai wakilnya. Untuk membantu pemenangannya PCNU berharap PKB yang merupakan partai yang dilahirkan oleh NU berkoalisi dengan Demokrat.

(1.065 views)
Tag: