Mengevaluasi Kinerja KONI

Dalam waktu dekat, Pengurus Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kabupaten Jember, akan menggelar forum musyawarah olahraga kabupaten. Itu artinya, dalam waktu dekat, organisasi yang membidani Olahraga Di Jember itu, akan mengalami pergantian pengurus terkait persoalan ini, sejauh mana Prestasi Olahraga Jember selama 4 tahun? Kemudian, apa saja yang menjadi PR untuk kepengurusan 4 tahun kedepan? Dan bagaimana pula komentar masyarakat terkait Prestasi Olahraga Jember?

Setidaknya ada perkembangan Cabang Olahraga (Cabor) untuk periode sekarang. Jika periode sebelumnya hanya ada 27 cabor, maka saat ini telah bertambah sebanyak 31cabor. Hal ini diungkapkan Wakil Sekretaris KONI Jember, Sukartono.

Menurut dia, banyak prestasi yang telah dihasilkan selama kepengurusannya. Misalkan, pada cabang atletik, ada beberapa Atlet Asal Jember mewakili kontingen Jawa Timur bahkan Indonesia, di beberapa event olahraga. Seperti Sea Games, PON dan lain sebagainya.

Sukartono menambahkan, tidak hanya itu, di beberapa Cabor juga mampu mengukir prestasi. Baik di Level Regional Jawa Timur maupun Nasional. Terbukti kata dia, pada event pon lalu, Jember mengirimkan sedikitnya 13 atlet yang mewakili Kontingen Jawa Timur. Hasilnya, salah satu atlet, indah lisa, mampu meraih medali emas.

Meski demikian, Sukartono tidak memungkiri, selama kepengurusannya masih ada beberapa kekurangan. Namun bagi dia, itu merupakan hal yang biasa, sebab, dalam setiap kepengurusan organisasi pasti ada kelebihan dan kekurangan.

Namun secara umum, Sukartono memastikan jika dibandingkan dengan periode lalu, perkembangan Olahraga Di Jember mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satunya, selama 4 tahun kepemimpinan Kamil Gunawan, KONI Jember mampu menambah cabang olahraga.

Sukartono berharap, siapapun yang terpilih sebagai Ketua Umum KONI, mempunyai komitmen yang tinggi, terutama untuk memajukan dunia olahraga di jember.

Sementara Salah Satu Pendiri Suporter Persid Mania Jember, Suharyono mengatakan, secara umum perkembangan olahraga di jember mengalami perkembangan yang cukup signifkan.

Hal ini terlihat, beberapa cabang olahraga mampu mencetak atlet berprestasi dan bisa mengharumkan nama Kabupaten Jember, baik di tingkat lokal maupun nasional, Kemudian, beberapa cabang olahraga di jember mampu menunjukkan aktfitasnya.

Meski demikian, Suharyono masih melihat, ada beberapa cabang olahraga yang belum terurus secara maksimal. Seperti cabang tinju, basket dan wushu. Jadi kata dia, paling tidak kekurangan ini dijadikan sebagai bahan evaluasi oleh pengurus KONI yang baru.

Lalu kata Suharyono, yang tidak kalah penting, pada saat rekrutmen atlet hendaknya mempertimbangkan aspek kualitas, bukan karena kedekatan antara personal pengurus dengan calon atlet.

Dikonfirmasi terpisah, Humas Pengurus Daerah Persatuan Olahraga Bola Sodok Seluruh Indonesia (Pengda Pobsi) Jember, Yudi mengatakan, secara umum semua cabang olahraga mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

Misalkan kata dia, Pada Cabor POBSI, mampu memunculkan atlet-atlet local, yang mampu bersaing dengan atlet nasional. Yudi berharap, siapapun nantinya yang terpilih sebagai ketua umum KONI, hendaknya berkomitmen untuk memajukan olahraga di jember, sebab selama 4 tahun ini, olahraga di jember mengalami perkembangan yang luar biasa.

(828 views)
Tag: