Untuk penuhi target PT. KAI DAOP IX Jember Tawarkan Aset Kepada Pihak Ketiga

PT KAI DAOP IX Jember menawarkan sejumlah asetnya utuk dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Hal ini dilakukan untuk menambah profit daop 9, karena target pendapatan yang ditentukan direksi tahun ini naik hampir 3 kali lipat dibanding tahun lalu.

Manajer komersial PT KAI DAOP IX Jember Slamet Riyanto mengatakan, setidaknya ada 2 aset yang sudah ditawarkan, diantaranya stasiun Probolinggo untuk wisata lanjutan ke wisata bromo, dan stasiun Bondowoso yang sudah beberapa tahun tidak difungsikan lagi. Baik anak perusahaan PT KAI ataupun pihak umum memiliki kesempatan yang sama, dengan syarat tidak melanggar tata ruang yang ditetapkan pemkab setempat.

Menurut Slamet hal ini perlu segera dilakukan, karena direksi PT KAI menargetkan pendapatan DAOP IX tahun ini senilai 21 milyar rupiah. Padahal tahun 2009 lalu hanya 6 milyar. Aset DAOP IX dikerjasamakan dengan pihak ketiga, karena keterbatasan modal yang dimiliki. Jika direksi bersedia memberikan bantuan modal untuk pengembangan usaha non cor-bisnis, Slamet optimis target tersebut dengan mudah bisa dipenuhi. Tapi jika tidak, Slamet memprediksi profit DAOP IX tidak akan jauh beda dengan tahun lalu.

Selain menawarkan aset untuk dikerjasamakan lanjut Slamet, pihaknya juga sudah bekrjasama dengan kejaksaan untuk penertiban aset berupa tanah dan bangunan. Diharapkan dari aset yang saat ini masih dikuasai oleh pihak lain tersebut bisa menyumbangkan profit dari uang sewa untuk memenuhi target. Meski demikian Slamet mengaku sejauh ini pihaknya belum bisa menghitung berapa rupiah yang bisa disumbangkan dari hasil sewa aset tanah dan bangunan tersebut.

(1.224 views)
Tag: