PPP Usung Pasangan Jalal-Kusen Sebagai Calon Bupati Dan Wakil Bupati Jember

Dukungan partai politik terhadap incumbent pasangan MZA Djalal dan Kusen Andalas sebagai calon bupati dan wakil bupati Jember terus mengalir. Setelah sebelumnya PKNU dan PDI-P menyatakan dukungannya kepada incumbent, Senin siang DPC PPP juga menyataan dukungannya terhadap pasangan Jalal-Kusen.

Ketua DPC PPP Jember Ali Wafa mengatakan, keputusan ini diambil oleh tim 9 yang dibentuk khusus untuk melakukan kajian tentang calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung. Kebetulan salah satu anggota tim 9 sebagai anggota LSI, sehingga hasil survey LSI yang menyebutkan bahwa Djalal-Kusen berada diurutan pertama menjadi salah satu rujukan.

Munurut Ali Wafa keputusan ini sudah final, karena DPC PPP sudah mengkonsultasikannya kepada pengurus wilayah. Dan hasilnya pengurus wilayah menyetujui usulan DPC tersebut. Bahkan lanjut Ali Wafa, para ulama PPP sudah dimintai pendapatnya, mereka semua mendukung pasangan Djalal Kusen sebagai calon bupati karena dinilai berhasil mengembangkan islam di kabupaten Jember.

Keputusan PPP ini tentu saja berbeda dengan sikap PKB sebagai partai koalisi PPP di parlemen, yang hingga saat ini masih belum menentukan sikap siapa yang akan didukung. Bisa jadi keputusan PKB berbeda dengan PPP. Ketua fraksi PKB Ayub Junaedi ketika ditanya sikapnya atas keputusan ini mengatakan, soal dukung mendukung pasangan cabup-cawabup menjadi hak internal partai.

Ayub menghormati sikap PPP dengan mendukung pasangan Djalal Kusen. Untuk PKB sendiri lanjut Ayub, saat ini masih dalam tahap penjaringan yang kemudian akan diusulkan ke DPP PKB. Rekomendasi dari DPP inilah nanti yang akan dilaksanakan oleh DPC PKB Jember. Sementara nasib koalisi parlemen antara PKB dan PPP di parlemen menurut Ayub belum bisa dijawab hari ini karena masih akan dilakukan rapat internal.

(926 views)
Tags: