Beberapa Calon Anggota PPK Mencoba Suap Pokja Seleksi

400 orang lebih Selasa siang mengikuti test tulis rekrutment panitia pemilihan kecamatan atau PPK. Dari 400 orang peserta ini nantinya akan diambil 155 orang sebagai anggota PPK. Yang menarik, ada beberapa peserta yang berupaya menyuap pokja seleksi PPK PPS dengan harapan bisa mendapatkan bocoran soal.

Ketua pokja seleksi PPK Gogot Cahyo Baskoro mengakui, ada beberapa orang yang mendekatinya untuk meminta bocoran soal. Gogot menolak jika hal ini dikatakan sogok atau suap. Gogot menilai hal ini merupakan bentuk ikhtiar persuasif terhadap KPUD sebagai penyelenggara seleksi.

Mungkin lanjut Gogot, karena orang tersebut merasa dekat dengan dirinya atau terbawa paradigma lama, atau bisa juga karena merasa dirinya orang lama sehingga bisa sedikit bermain curang. Meski soal test tulis merupakan produk KPUD Jember sendiri, Gogot menjamin tidak ada sedikitpun terjadinya kebocoran soal.

Peserta rekrutment PPK harus menyelesaikan 50 soal yang isinya pengetahuan tentang undang-undang pemilu sebagai pedoman mereka saat bekerja nantinya. Dari sekian banyak peserta, ada 7 kecamatan yang pesertanya kurang dari 10 orang. Diantaranya kecamatan Sukowono dan Kalisat. Sehingga untuk ke tujuh kecamatan tersebut otomatis pesertanya akan masuk 10 besar dan layak untuk mengikuti test wawancara untuk diseleksi lagi menjadi 5 orang.

(1.030 views)
Tag: