Menguji Keseriusan Proses Penjaringan Calon Bupati Di Partai Demokrat

Sudah hampir dua bulan lebih, penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati di internal Partai Demokrat berjalan. Hanya saja persoalannya, hingga hari ini belum ada kejelasan, mengenai siapa yang akan direkomendasi oleh Partai Demokrat. Padahal bakal calon yang mengikuti penjaringan, ada 19 orang, hanya saja yang memenuhi syarat 16 orang. Bahkan ada beberapa nama yang sudah tak asing lagi. Sebut misalkan, Mantan Wakil Bupati Jember Bagong Sutrisnadi, Mantan Wakil Ketua Komisi D DPRD Jember Sujatmiko, dan Administratur Perhutani Jember Taufik Setiadi. Jika memang demikian persoalannya, pertanyaannya adalah, apa yang menjadi kendala belum selesainya proses penjaringan di Partai Demokrat? Bagaimana tanggapan bakal calon bupati yang mengikuti penjaringan di Demokrat?

Banyak kabar tidak sedap mewarnai proses penjaringan bakal calon bupati di Demokrat. Salah satunya pembagian motor kepada 27 Pengurus Anak Cabang oleh salah seorang bakal calon.

Salah satu bakal calon bupati yang mengikuti penjaringan di Demokrat, sujatmiko, merasa kecewa terhadap proses penjaringan di Demokrat, sebab, hingga hari ini belum ada kejelasan, kapan proses selanjutnya.

Memang lanjut Mantan Wakil Ketua Komisi D DPRD Jember periode lalu ini,  beberapa waktu lalu dirinya menerima surat dari Tim 9, yang isinya proses audisi akan digelar setelah tanggal 1 Januari 2010. Namun buktinya, hingga hari ini belum ada tindak lanjutnya.

Sujatmiko menilai, proses seleksi di Partai Demokrat sama sekali tidak professional. Seharusnya kata dia, jika memang ada pengunduran, Tim 9 membuat jadwal resmi dengan melampirkan tanggal pelaksanaanya.

Sujatimiko menambahkan, dirinya juga mendapat kabar, DPC telah mengirim nama calon bupati kepada DPP. Jika kabar ini benar adanya, jelas merugikan kepada calon yang mendaftar, karena tidak ada konfirmasi sebelumnya. Sujatmiko berharap, khususnya kepada Tim 9 agar lebih serius dalam pelaksanaan penjaringan. Dirinya kawatir, hal ini akan berimbas kepada kredibilitas atau wibawa Partai Demokrat.

Salah satu anggota Tim Penjaringan Bakal Calon Bupati Partai Demokrat, atau yang lebih dikenal dengan tim sembilan, Anang Murwanto membantah, jika DPC Partai Demokrat telah mengirim 3 nama ke DPP. Menurutnya, proses penjaringan masih belum selesai, bahkan dalam waktu dekat, partainya baru akan melakukan audisi dan uji publik terhadap calon yang sudah mendaftar.

Soal belum ada kejelasan kapan kelanjutan mekanisme selanjutnya, menurut Anang, Tim 9 masih melakukan koordinasi dan memang belum membuat keputusan kapan tahapan selanjutnya akan digelar.

Anang menambahkan, para calon tidak perlu kawatir, sebab, tim sembilan pasti akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada calon, mengenai proses selanjutnya, sekaligus akan dilampirkan form dukungan untuk Pengurus Anak Cabang (PAC).

Dijelaskan, selama ini para calon sepertinya mengalami kepanikan, ini terbukti, mereka sudah mulai melakukan proses pencarian dukungan kepada PAC, padahal Tim 9 belum menyampaikan tahapan dukungan dari PAC. Bahkan pada saat pendaftara kata Anang, salah satu calon sudah melampirkan dukungan dari PAC.

(720 views)
Tags: