Dinkes Siapkan Box Smoking Area Di Tempat Pelayanan Umum

Tidak lama lagi di Jember akan tersedia box smoking area sebagai solusi agar hak asasi orang yang tidak merokok terpenuhi, sementara bagi perokok yang juga memiliki hak asasi bisa tetap merokok. Untuk uji coba saat ini setidaknya sudah ada 10 box smoking area di beberapa puskesmas dan rumah sakit.

Kepala dinas kesehatan Jember dr. Olong Fajri Maulana menuturkan, memang sudah seharusnya bagi tempat yang dinyatakan bebas asap rokok disediakan juga soking area. Dan tahun ini dinas kesehatan sudah mulai melakukan uji coba penggunaan box smoking area.

Setidaknya menurut Olong, saat ini ada 10 box smoking area yang 6 diantaranya ditempatkan di puskesmas yang sudah memiliki sertifikat ISO, seperti Puger, Kencong, Sumberjambe dan Sumbersari. Selain itu 3 rumah sakit yakni RSUD Subandi, Balung dan Kalisat juga disediakan.

Olong mengakui meski sudah beberapa bulan dipasang, penggunaan box smoking area masih belum bisa dikatakan efektif. Sebab merubah budaya prilaku manusia membutuhkan waktu. Yang terpenting upaya sudah dilakukan dan kedepan semua tempat umum akan disediakan box smoking area.

Sementara untuk anggaran pembuatannya lanjut Olong, akan diambilkan dari dana perimbangan hasil cukai rokok dari pemerintah pusat. Sebab dinas kesehatan Jember juga mendapatkan alokasi sekitar 9 milyar rupiah dari cukai rokok. Meski demikian Olong belum berani menargetkan kapan semua tempat umum di Jember disediakan box smoking area.

(752 views)
Tags: