Panwaskab Serahkan Bukti Tertulis SK Pelantikannya Ke DPRD

Panwaskab Pemilu Kada Senin siang melakukan roadshow politik ke DPRD, Pemkab dan KPUD Jember untuk mensosialisasikan SK pelantikannya. Sosialisasi ini dilakukan sekaligus untuk menepis anggapan selama ini, bahwa Panwaskab belum terbentuk.

Anggota Panwaskab Arifin Nur Budiono mengatakan, 3 orang anggota Panwas Pilpres lalu dilantik kembali oleh Banwaslu menjadi Panwas Pemilu Kada tertanggal 18 Desember, karena Banwaslu menilai saat mnjalankan tugasnya Panwaskab Jember dinilai berprestasi. Sehingga lanjut Arifin, kabar yang berkembang bahwa sampai saat ini Panwaskab belum terbentuk sama sekali tidak benar.

Arifin juga membantah mantan ketua Panwaskab Agung Purwanto mundur dari Panwas. Agung menurut Arifin, hanya mundur dari jabatannya sebagai ketua bukan dai keanggotaan Panwaskab. Dan untuk mengisi jabatan ketua telah diputuskan melalui pleno Panwaskab hari Minggu lalu ,dirinya yang akan menggantikan Agung.

Sementara ketua komisi A DPRD Jember Mohammad Jufreadi usai menerima salinan SK pelantikan Panwaskab mengatakan, dengan adanya SK pelantikan Panwas berarti saat ini sudah ada yuridis formal keberaaan Panwaskab. Jufreadi berharap munculnya SK ini bisa mengakhiri polemik rekrutmen Panwas yang selama ini berkembang.

Meski demikian Jufreadi menyayangkan sikap Panwas yang dinilai terlalu lamban mensosialisasikan SK pelantikannya, hingga menimbulkan dampak polemik rekrutmen berkepanjangan. Padahal Panwaskab Jember sudah dilantik 1 bulan yang lalu. Yang perlu dilakukan Panwaskab saat ini menurut Jufreadi, tinggal melakukan komunikasi politik dengan KPUD Jember.

Diberitakan sebelumnya, beberapa kali komisi A DPRD Jember dan KPUD menggelar heraing untuk membahas keberadaan Panwas yang tidak jelas. Karena tidak ada pemberitahuan tertulis dari instansi yang berwenang, DPRD dan KPUD menilai Panwas masih belum terbentuk. Bahkan sempat muncul wacana DPRD akan mengambil alih rekrutmen anggota Panwaskab sesuai undang-undang 32, meski KPUD sendiri sudah melakukan rekrutmen dan mengirimkan 6 nama hasil seleksi ke Banwaslu.

(599 views)
Tags: