Calon Bupati Melalui Jalur Independent Di Prediksi Cukup Banyak

KPUD Jember memprediksi calon bupati Jember yang akan maju melalui jalur perseorangan atau independent jumlahnya akan sangat banyak. Kemungkinan ini bisa dilihat dengan banyaknya orang yang datang ke KPUD Jember, baik untuk meminta formulir pernyataan dukungan maupun sekedar berkonsultasi mengenai syarat dan ketentuan bagi calon independent.

Anggota KPUD Jember Itok Wicaksono menuturkan, terhitung sejak diumumkannya data penduduk pemilih potensial pemilu atau DP4 beberapa waktu lalu, sedikitnya ada 15 orang calon dan sekelompok orang yang mengaku sebagai tim sukses datang menemui anggota KPUD. Umumnya mereka meminta penjelasan terkait ketentuan dukungan bagi calon bupati melalui jalur independent.

Minat maju sebagai calon bupati melalui jalur independent bukan hanya datang dari tokoh masyarakat saja. Beberapa kepala desa ternyata juga ada yang berminat  untuk maju. Bahkan ada diantaranya sudah menyatakan kesiapannya maju kepada kabag pemerintahan desa pemkab Jember Hadi Mulyono.

Lebih jauh Itok menerangkan, salah satu syarat bagi calon perseorangan yang akan maju sebagai calon bupati atau wakil bupati, wajib menyertakan jumlah dukungan dari masing-masing desa yang ada di 16 kecamatan di kabupaten Jember. 16 kecamatan tadi merupakan interpretasi dari ketentuan minimal 50 persen dari jumlah kecamatan yang ada di Jember.

Sementara kabag pemdes Hadi Mulyono mengkaui adanya kepala desa yang siap maju dalam pilkada. Informasi ini menurut Hadi, diperoleh dari beberapa kepala desa yang telah menyatakan ingin mencalonkan diri. Meski sebagai warga negara tidak ada larangan untuk mencalonkan diri, Hadi menilai seharusnya para kepala desa ataupun PNS yang ingin mencalonkan diri dalam pilkada mengikuti prosedur dengan minta ijin pada bupati sebagai syarat administrasi.

(971 views)
Tags: