135 Sekolah Di Jember Dalam Kondisi Rusak Berat

Sebanyak 135 sekolah dasar negeri yang ada di kabupaten Jember harus melaksanakan kegiatan belajar-mengajar dengan fasilitas yang memprihatinkan, karena gedung sekolah yang mereka tempati dalam kondisi rusak parah. Bahkan 13 sekolah diantaranya sama sekali tidak mempunyai gedung sekolah.

Kepala dinas pendidikan Jember Achmad Sudiyono mengatakan, jika tahun 2009 lalu ada sekitar 171 sekolah yang diperbaiki, tahun 2010 ini pihaknya sudah menganggarkan perbaikan untuk 135 sekolah negeri yang saat ini dalam kondisi rusak berat. Bahkan 13 sekolah pamong yang tersebar di 7 kecamatan dinaikkan gradenya menjadi sekolah negeri. Untuk itu tahun 2010 ini juga ke-13 sekolah tersebut akan dibangunkan gedung permanent.

Menurut Achmad anggaran yang diberikan untuk perbaikan masing-masing sekolah rata-rata 300 juta rupiah. Sementara untuk sekolah-sekolah yang baru mendirikan gedung pihaknya masih harus melakukan penghitungan..

Lebih jauh Ahmad menerangkan, dinas pendidikan akan memperpendek jarak sekolah dengan para siswa sekolah potensial. Jika dinilai banyak anak yang potnsial untuk bersekolah, meski diatas gunung tetap harus didirikan. Hal ini perlu dilakukan agar siswa tidak lagi malas sekolah karena jarak antara sekolah dengan rumah mereka jauh, sehingga target wajar dikdas 9 tahun bisa tercapai.

(537 views)
Tag: