PKNU Usung Mza Jalal Sebagai Bupati

Partai Kebangkitan Nasional Ulama atau PKNU Jember Kamis siang menggelar rapat persiapan pemilu kada dengan seluruh pengurus anak cabang, untuk menentukan siapa bakal calon bupati yang akan diusung. Meski belum bisa memastikan, ketua DPC PKNU Jember Lutfi Baihaki melihat dukungan terhadap incumbent MZA Djalal masih mendominasi.

Ketua DPC PKNU Jember Lutfi Baihaki menerangkan, sebagai partai politik yang memiliki 6 kursi di DPRD, PKNU juga memiliki hak untuk mengusung calon bupati atau wakil bupati. Sesuai juklak dan juknis dari DPP, DPC PKNU sudah memerintahkan seluruh PAC memberikan masukan siapa calon bupati yang akan diusung. Yang mendapat dukungan mayoritas dari PAC inilah yang nantinya akan ajukan ke DPP untuk mendapat rekomendasi.

Meski muncul beberapa nama lanjut Lutfi, mayoritas PAC PKNU Jember masih berkeinginan kuat untuk mendukung incumbent MZA Jalal maju lagi dalam pemilu kada mendatang. Sedangkan untuk calon wakil bupati, masih belum secara spesifik dibahas dalam rapat tersebut. Tapi menurut Lutfi, tidak menutup kemungkinan PKNU akan mengusulkan nama calon wakil bupati dari internal berpasangan dengan Jalal. Mengenai usulan tersbut bisa diterima atua tidak oleh Jalal menjadi urusan lain.

Lebih jauh Lutfi menerangkan, pihaknya sejak dua bulan sebelumnya sudah melakukan komunikasi politik dengan partai lain untuk berkoalisi. Diantaranya PKS, Golkar dan PDI-P. Meski masih sebatas pembicaraan normative, Lutfi yakin ketiga partai tersebut memiliki semangat yang sama untuk mengusung MZA Jalal sebagai bupati Jember periode mendatang.

(1,129 views)
Tags: