13 Sekolah Dasar Di Jember Memprihatinkan

Disaat dunia pendidikan menjadi progam prioritas bagi pemeritah, ternyata dikabupaten Jember masih ada beberapa sekolah dasar yang memiliki fasilitas sangat memprihatinkan. Jika sekolah di kota sudah mulai menerapkan sistem komputerisasi, kegiatan belajar mengajar di SDN Sidomulyo 3 Silo masih dilakukan di teras dan dapur rumah dinas milik dinas peternakan propinsi Jawa Timur.

Komisi D DPRD Jember beberapa waktu lalu bersama kabid kurikulum TK-SD Dinas Pendidikan Jember Jumari, mendatangi sekolah tersebut. Komisi D mendorong dinas pendidikan untuk memberikan bantuan fasilitas, mengingat jumlah murid di sekolah tersebut tergolong banyak.

Anggota komisi D DPRD Jember Ayong mengatakan, awalnya memang sekolah tersebut bukan merupakan sekolah konvensional, tetapi hanya untuk menampung anak-anak buruh perhutani yang tinggal di lokasi tersebut. Tetapi ternyata minat cukup besar, bahkan melebihi jumlah murid di sekolah negeri terdekat lainnya. Sayangnya fasilitas yang ada sangat memprihatinkan, bahkan Ayong menilai lebih mendekati pelecehan terhadap dunia pendidikan.

Dinas pendidikan mewacanakan dilakukannya regrouping dengan sekolah terdekat, tetapi menurut ayong bukan keputusan yang bijak jika akan di regrouping. Sebab bisa jadi ketika dilakukan re-grouping jumlah siswa justru akan menurun drastic.

Sementara kabid TK-SD Dinas Pendidikan Jember Jumari saat dikonfirmasi per telfon mengatakan, rencananya dinas pendidikan melalui bupati akan meminta tanah milik dinas peternakan propinsi tersebut. Setelah ada kejelasan status tanah, baru dinas pendidikan akan memberikan bantuan berupa pembangunan gedung dan fasilitas lainnya.

Menurut Jumari, awalnya sekolah tersebut sekolah pamong yang hanya menerima siswa kelas 4 sampai kelas 6 saja. Namun dengan progam wajar dikdas 9 tahun, sekolah tersebut menjadi sekolah negeri. Sebagai sekolah pamong Jumari menilai yang dimiliki SDN Sidomulyo 3 ini sudah sangat bangus. Di Jember sendiri menurut Jumari tecatat ada 13 SD pamong serupa dengan SDN Sidomulyo 3 yang tersebar di 7 kecamatan.

Kondisi sekolah dasar negeri Sidomulyo 3 memang sangat memprihatinkan. Karena tidak memiliki gedung sekolah, terpaksa meminjam bekas rumah dinas peternakan propinsi. Siswa kelas dua dan empat belajar di teras, kelas enam belajar di dapur, sementara kelas yang lain memanfaatkan ruang tamu dan kamar tidur untuk proses belajar mengajar.

(1.203 views)
Tag: