800 Lebih Kasus Di Jember Sepanjang 2009 Belum Terselesaikan

Polres Jember hingga akhir tahun 2009 masih menyisakan 807 kasus yang belum terselesaikan. Tunggakan kasus ini menurun dibandingkan tahun 2007 dan 2008 yang mencapai diatas seribu kasus.

Kapolres Jember AKBP Nasri mengatakan, pihaknya sudah berupaya mengompilasi kasus-kasus yang belum terselesaikan selama lima tahun terakhir, sekaligus mengevaluasi hambatan-hambatannya. Dari sinilah diketahui faktor yang menghambat penyidik menyelsaikan kasus tersebut.

Salah satunya karena keterbatasan jumlah penyidik polri yang tidak sebanding dengan jumlah laporan yang masuk. Ditambah lagi banyaknya kasus tanah di Jember. Sebab sesuai KUHAP, persoalan kasus tanah biasanya dibawa dulu ke hukum perdata. Sehingga untuk kasus pidananya sesuai KUHAP masih harus menunggu putusan perdatanya.

Berdasarkan data analisa dan evaluasi polres Jember, pencurian dengan pemberatan mendominasi kasus di Jember sepanjang tahun 2009, sebanyak 400 kasus dimana 21 kasus diantaranya berhasil diselesaikan. Sementara diurutan kedua pencurian kendaraan bermotor sebanyak 297 kasus, baru 71 kasus diantara terselesaikan. Sementara kasus pencurian dengan kekerasan berada diurutan ketiga dengan jumlah 137 kasus, 134 diantara sudah terungkap.

(953 views)
Tags: