Meski Harga Lelang Tebu Turun Harga Gula Eceran Diprediksi Naik

Harga tebu petani dalam lelang terakhir di PTPN XI mengalami penurunan dari lelang sebelumnya. Jika sebelumnya harga tebu petani dihargai 8 ribu rupiah perkilogram, dalam lelang terakhir hanya dihargai 7900 rupiah perkilogram.

Wakil ketua DPRD Jember Marzuki mengatakan, penurunan harga tebu petani dalam lelang masih dinilai dalam batas kewajaran. Sehingga dipastikan tidak akan menimbulkan dampak psikologis berlebihan kepada petani tebu. Dengan baiknya harga tebu dipasaran Marzuki tidak khawatir akan banyak petani tebu yang beralih menanam tanaman lain.

Banyak orang yang salah mengartikan harga lelang seluruhnya diterimakan kepada petani. Padahal menurut Marzuki, uang yang diterimakan kepada petani hanya berkisar 6 ribu sampai 7 ribu rupiah. Sebab petani masih harus membayar biaya giling kepada pabrik gula.

Meski harga lelang tebu mengalami penurunan, Marzuki memprediksi harga gula dipasaran masih tetap akan mengalami kenaikan. Sepanjang sejarah lanjut Marzuki, trend harga gula tidak pernah turun meski pemerintah sudah menurunkan pajak. Kedepan Marzuki memprediksi harga gula sampai kepada konsumen seharga 9 ribu rupiah per kilogram.

(915 views)
Tags: