Polwil Besuki Siap Amankan Pilkada

Aparat kepolisian siap amankan pilkada Jember, Situbondo dan Banyuwangi. Demikian disampaikan kapolwil Besuki Kombespol Imam Jauhari kepada sejumlah wartawan. Polwil sudah memerintahkan polres jajarannya membuat rencana strategi pengamanan sesuai kultur daerah masing-masing, sementara polwil akan menerjunkan 2/3 pasukannya untuk memback-up.

Imam Jauhari menuturkan, beberapa kali simulasi sudah dilakukan dan sejauh ini dirinya menilai polres Jember, Situbondo dan Banyuwangi sudah dalam kondisi siap penuh. Polwil sendiri tidak mengalami banyak kesulitan karena memang jadwal pelaksanaan pilkada di 3 kabupaten tersebut tidak bersamaan.

Imam menilai situasi di Jember dan Banyuwangi sejauh ini masih relatif kondusif. Jika ada di beberapa titik agak memanas masih dalam batas kewajaran dan bisa dikendalikan. Sebab memang pilkada jauh lebih rawan gesekan karena para calon yang semuanya berada di daerah, akan menunjukkan kekuatannya masing-masing.

Sementara Kapolres Jember AKBP Nasri ketika di konfirmasi sebelumnya juga mengaku anggotanya sudah siap kapanpun mulai diterjunkan. Meski terjadi pemangkasan anggaran pilkada Jember, pihaknya tidak akan melakukan pengurangan pasukan pengamanan.

Hanya saja lanjut Nasri, dalam pengamanan pemilu polisi selalu meminta bantuan personil pengamanan dari instansi samping seperti TNI dan Linmas. Dengan pemangkasan anggaran ini pihaknya juga akan mengurangi jumlah permintaan personil dari instansi samping yang akan diturunkan.

(928 views)
Tag: