Merasa Dilecehkan Komisi C DPRD Jember Bubarkan Hearing Tower

Akibat ketidakhadiran kepala SKPD, komisi C DPRD Jember membubarkan rencana hearing pembahasan tower Kamis siang. Dari 5 SKPD yang dipanggil hanya kepala kantor lingkungan hidup Hariyadi yang hadir. Sementara kepala SKPD yang lain dikabarkan tidak hadir karena mengikuti rombongan bupati melakukan perjalanan dinas ke eropa.

Hearing yang dilakukan komisi C Kamis siang sebenarkan akan membahas tentang keberadaan tower di Jember yang selama ini tidak jelas. Karena ketika dipanggil SKPD terkesan saling lempar tanggung jawab, komisi C memanggil lima SKPD diantaranya Dispenda, Dishub, Satpol PP, PU Cipta Karya dan kantor lingkungan hidup. Sayangnya hanya kepala kantor lingkungan hidup Hariyadi yang hadir sementara SKPD lainnya hanya mewakilkan kepada stafnya.

Sekretaris komisi C DPRD Jember Ayub Junaedi sebelum hearing dibuka oleh ketua komisi C Mohammad Asir langsung melakukan interupsi. Dengan nada tinggi Ayub mengaku merasa dilecehkan dengan ketidakhadiran kepala SKPD yang dipanggil. Padahal yang akan dibicarakan merupakan persoalan tower yang berkaitan dengan nyawa masyarakat sekitarnya. Karena itu Ayub meminta ketua komisi untuk menghentikan hearing dan mengancam akan melakukan walk out jika hearing terus dilanjutkan.

Ayub heran kenapa persoalan jumlah tower se kabupaten Jember saja SKPD terkait tidak ada yang tahu. Padahal secara fisik tower cukup besar dan bisa dihitung. SKPD hanya tinggal tanya kepada kecamatan berapa tower yang ada di daerah mereka. Tapi ternyatanya tidak satu SKPD pun yang bisa menjawab.

Ayub merasa prihatin dengan robohnya tower Mutiara FM yang notabene justru milik pemkab Jember. Untuk itu dirinya merasa sangat penting untuk segera melakukan evaluasi keberadaan tower di kabupaten Jember. Karena menyangkut nyawa orang Ayub berharap SKPD tidak main-main.

Pernyataan Ayub mendapat dukungan dari anggota komisi C lainnya. Yudi Hartono misalnya, juga menolak hearing dilanjutkan. Menurut Yudi percuma melakukan hearing dengan staf SKPD. Bukannya meremehkan staf, tetapi Yudi yakin staf tidak akan mampu menjawab ketika komisi C menanyakan soal kebijakan. Karena mayoritas anggota komisi menolak hearing dilanjutkan, ketua komisi C Mohammad Asir akhirnya menunda hearing hingga hari Senin pekan depan.

(617 views)
Tag: