Forum Eks Caleg Dukung Saptono Yusuf Maju Sebagai Calon Bupati

Setelah sebelumnya muncul desakan dari pengurus anak cabang, kali ini giliran Forum Eks Caleg atau Foreks Partai Demokrat Jember mendesak ketua DPC Demokrat Saptono Yusuf maju sendiri sebagai calon bupati Jember. Selain dinilai sebagai kader terbaik DPC Demokrat Jember yang layak maju, Foreks menilai dengan majunya Saptono bisa menghindarkan terjadinya jual beli rekomendasi di tingkat propinsi dan pusat.

Koordinator Foreks Budi Utomo mengatakan, dengan desakan kepada Saptono untuk maju sebagai calon bupati konsekuensinya Saptono harus mundur terlebih dahulu dari tim 9 penjaringan bacabup. Baru selanjutnya Saptono mengambil formulir pendaftaran.

Menurut Budi, selain dinilai telah berhasil mengantarkan 9 orang caleg Demokrat duduk di kursi dewan dan mengantarkan demokrat sebagai partai pemenang pemilu di Jember, Saptono juga dinilai mempunyai peluang lebih besar untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP sebagai calon bupati. Terlebih lagi Foreks mendapat sinyalemen bahwa ada oknum yang mencoba bermain-main untuk memperjual belikan rekomendasi pusat.

Ketika calon yang akan diusung Demokrat nanti bukan berasal dari internal partai, peluang jual beli rekom ini semakin terbuka lebar. Meski Foreks mendukung Saptono untuk maju, bukan berarti Foreks tidak akan tunduk kepada DPP. Sebab siapapun yang nantinya mendapat rekomendasi DPP Foreks tetap akan mendukung penuh.

Lebih jauh Budi menerangkan, Foreks siap mendukung gerakan ke konstituen di tingkat bawah untuk pemenangan Saptono. Yang perlu di ingat perolehan suara caleg dalam pemilu lalu lebih besar dibanding perolehan partai. Artinya caleg mempunyai basis massa yang jelas. Bahkan Foreks siap mengawal perjalanan proses penjaringan hingga Saptono mendapatkan rekomendasi dari pusat.

Sementara ketua DPC Partai Demokrat Saptono Yusuf saat dikonfirmasi pertelfon mengatakan, dirinya berterima kasih atas dukungan PAC dan Forum Eks Caleg ini. Meski demikian dirinya masih memiliki waktu hingga Rabu besok untuk mempertimbangkan desakan tersebut. Yang jelas lanjut Saptono, sebelum mengambil formulir penjaringan calon bupati etikanya Saptono harus mundur terlebih dahulu dari keanggotaannya di tim 9.

(1.541 views)
Tag: