Hari Pertama Dua Calon Bupati Daftar Penjaringan Partai Demokrat

Dua orang calon bupati Jember Senin siang menghadiri pendaftaran di kantor DPC Partai Demokrat Jember. Kedua calon masing-masing Bagong Sutrisnadi dan Fatahilah, sama-sama mengklaim mendapat dukungan dari 31 pengurus anak cabang Partai Demokrat Jember.

Ketua DPC Partai Demokrat Jember Saptono Yusuf mengatakan, di hari pertama pembukaan pendaftaran penjaringan calon bupati yang akan diusung Partai Demokrat ini, hanya untuk memberikan formulir dan menjelaskan kepada para calon tentang beberapa persyaratan administrasi yang harus dipenuhi. Selanjutnya pengembalian formulir akan ditunggu hingga batas akhir 18 November mendatang.

Setelah semua formulir pendaftaran diterima tim 9 DPC Partai Demokrat Jember, akan dilakukan verifikasi sekaligus seleksi. 3 orang yang calon terbaik akan diajukan ke tim 9 DPP Partai Demokrat untuk mendapatkan rekomendasi. Selain Bagong dan Fatahilah lanjut Saptono, ada beberapa calon lain yang juga sudah menyatakan akan ikut penjaringan yang dilakukan Partai Demokrat. Diantaranya Guntur Ariadi, Kholik Ashari dan HM. Sujatmiko.

Saat penjaringan tahap kedua nanti, tim 9 akan mempertimbangkan dukungan pemuka masyarakat dan partai lain terhadap calon yang bersangkutan. Semakin banyak pemuka masyarakat dan partai yang mendukung, semakin besar kemungkinan lolos dari penjaringan. Sedangkan untuk dukungan pengurus anak cabang, tim 9 mewajibkan calon memiliki dukungan minimal 10 pengurus anak cabang.

Sementara calon bupati Bagong Sutrisnadi mengaku sudah memiliki dukungan dari 31 PAC. Sebab sejak tahun 2005 lalu, Bagong yang saat ini menjabat sebagai ketua balitbang DPC Demokrat Jember ini sudah aktif sebagai juru kampanye SBY, sehingga komunikasi sudah terjalin sejak lama.

Bagong optimis dirinya akan lolos penjaringan, karena dari sekian banyak calon hanya dirinya yang berasal dari internal Demokrat. Meski demikian Bagong menolak jika kemudian ternyata tim 9 DPP dengan kewenangannya menempatkan Bagong sebagai calon wakil bupati. Sebab dirinya seudah pernah menjabat wakil bupati, sehingga saat ini harus meningkat menjadi bupati sebagai pengambil kebijakan.

Senada dengan Bagong calon bupati Fatahilah juga mengaku mendapat dukungan dari 31 PAC Demokrat Jember. Menurut Fatahillah, hal ini diketahui ketika dirinya menggelar Silaturahmi dengan pengurus cabang dan anak cabang Demokrat hari Minggu lalu, ternyata seluruh pengurus anak cabang Demokrat cukup antusias untuk hadir.

(702 views)
Tags: