Per 1 Desember PT. KAI DAOPS IX Jember Hapus Kereta Api Ekspres Cantik

Mulai 1 Desember mendatang, PT. KAI daerah operasi IX Jember akan menghapus kereta api ekspres cantik jurusan Jember-Surabaya PP dengan pertimbangan efisiensi. Sejak beroperasi tahun 2005 lalu, kereta api yang diresmikan bupati Jember MZA Jalal ini tidak mampu menutup biaya operasional yang dikeluarkan PT. KAI.

Humas PT KAI Daops IX Jember Hariyanto menuturkan, penghapusan bukan hanya dilakukan terhadap KA Ekspres Cantik, tetapi juga dilakukan beberapa kereta lain. Diantaranya kereta api Malang Ekspres jurusan Malang-Surabaya PP, Parahyangan ekspres jurusan Bandung-Jakarta dan Banjar Negara-Jakarta PP. Direksi PT. KAI menilai keempat kereta api ekspres ini tidak mampu memenuhi biaya operasional sehingga perlu dirasionalilsasi.

Sejak beroperasi tahun 2005 lalu, angka occupancy kereta cantik ekspres hanya berkisar 60 persen. Setelah dihapus nanti, PT. KAI Daops IX Jember akan melakukan evaluasi kemungkinan adanya penambahan gerbong pada kereta yang ada. Misalnya penambahan kereta bisnis pada rangkaian kerata Sri Tanjung, atau kereta Logawa yang sebelumnya hanya dari Jember ke Purwokerto diteruskan sampai Banyuwangi.

Lebih jauh Hariyanto menerangkan, awal 2010 Daops IX Jember akan medapat tambahan 7 gerbong kelas ekonomi. Gerbong inilah yang kemungkinan akan dimaksimalkan untuk mendongkrak kereta yang masih jalan. Semetara untuk rencana pengoperasian kembali jalur Jember Situbondo seperti yang diinstruksikan dirjen KA beberapa waktu lalu, kemungkinan besar akan tertunda.

Sebab lanjut Hariyanto, meski dirjen KA menginstruksikan awal 2010 kereta api Situbondo-Jember sudah dioperasikan, ternyata tim yang akan melakukan studi kelayakan sarana dan prasarana antara Jember-Situbondo baru bisa turun awal 2010. Padahal dari pantauan Hariyanto, sarana jalur dan jembatan disana sudah sangat tidak layak sehingga membutuhkan waktu lagi untuk perbaikan.

(1.091 views)
Tag: