Pembangunan Terminal Cargo Rencananya Akan Direalisasikan Tahun 2010

Untuk mengurangi kepadatan kendaraan terutama akibat masuknya truk-truk besar, dinas perhubungan Jember tahun 2010 mendatang berencana membangun terminal cargo di daerah Ajung. Kegiatan bongkar muat akan dilakukan disana, sementara untuk membawanya masuk ke dalam kota menggunakan pick-up kecil.

menurut kepala dishub Jember Sunarsono, sudah saatnya Jember memiliki terminal cargo. Sebab jari-jari jalan di Jember tidak pernah bertambah, sementara dari data dishub penambahan populasi kendaraan mencapai 10 persen pertahun. Akibatnya sering muncul protes terutama dari warga jalan KH. Shidiq dan sekitar pasar tanjung.

Atas protes tersebut lanjut Sunarsono, dishub tidak pernah bisa memberikan jalan keluar karena memang Jember belum memiliki terminal cargo. Jika bupati dan DPRD setuju, tahun 2010 nanti anggaran pengembangan lapter sementara dihentikan dan dialihkan untuk pembangunan terminal cargo. Sunarsono bahkan mengaku sudah menyiaplkan anggaran untuk melakukan studi banding ke daerah-daerah yang memiliki terminal cargo. Harapanya dari studi banding tersebut bisa diketahui cara terbaik pengelolaan terminal cargo.

Sementara anggota dewan nampaknya menyambut positif rencana pembangunan terminal cargo ini. Sebab ada banyak keuntungan jika terminal cargo ini jadi dibangun. Setidaknya mampu menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan PAD dan juga mengurangi kepadatan lalu lintas.

(736 views)
Tags: