Ratusan Kader Golkar Desak Sucipto Segera Dilantik

Ratusan massa pendukung caleg terpilih partai golkar Mujiburahman Sucipto, Rabu siang menggelar aksi untuk rasa di KPUD dan kantor DPD Golkar Jember. Mereka menuntut Sucipto yang sudah satu bulan lebih terkatung katung segera dlantik sebagai anggota DPRD Jember periode 2009-2014.

Koordinator forum konstituen partai golkar Miftahul Rahman mengatakan, sebenarnya yang dilakukan oleh KPUD Jember sudah benar. KPUD Jember sudah menetapkan dan mengajukan pelantikan  Sucipto sebagai caleg terpilih kepada gubernur. Tetapi atas rekomendasi KPUD Propinsi gubernur tidak menandatangani pelantikan Sucipto.

Menurut Miftahul Rahman, forum konstituen partai golkar maupun DPD golkar Jawa Timur, sudah beberapa kali mencoba mengklarifikasi KPUD Jatim, terkait penundaan pelantikan Sucipto. Tetapi tidak sekalipun anggota KPUD Jatim bersedia menemui. Untuk itu Miftahul Rahman minta KPUD Jember memfasilitasi pertemuan antara partai golkar dengan KPUD Jatim.

Ketua KPUD Jember Catty Tri Setyorini mengatakan, sebenarnya sejak ada penundaan pelatikan salah satu caleg golkar, KPUD Jember sudah berupaya melakukan langkah-langkah. Bahkan surat terakhir tertanggal 7 September lalu, KPUD Jember meminta petunjuk dan batas waktu mengenai kejelasan untuk mengisi kekosongan saatu kursi DPRD Jember.

Menurut Catty, meski sebenarnya tugas KPUD Jember sudah selesai sampai mengajukan ijin pelantikan 50 anggota DPRD Jember, upaya meminta kejelasan kepada KPUD Jatim tetap dilakukan, agar proses demokrasi di kabupaten jember berjalan optimal. Catty tidak keberatan memfasilitasi pertemuan kader golkar dengan KPUD Jatim. Hanya saja Catty butuh permintaan tertulis dari DPD Golkar atau forum konstituen gollkar.

Sementara ketua fraksi Golkar yang juga sekretaris DPD Golkar Jember Yudi Hartono mengatakan, kapasitasnya dalam hal ini hanya mendesak segera dilantiknya caleg golkar. Mengenai siapa yang dilantik menjadi  kewenangan KPUD untuk memilihnya.

Meski demikian agar konflik internal di tubuh DPD golkar ini tidak berkepanjangan, Yudi berjanji akan memanggil caleg yang berkonflik untuk mencari solusi terbaik. Sebab bagaimanapun ketika ada satu kursi kosong, yang paling dirugikan adalah partai golkar secara kelembagaan.

(915 views)
Tag: