Pendidikan Gratis Di Jember Masih Sulit Di Wujudkan

Meski pemerintah pusat sering menggembar gemborkan iklan pendidikan gratis di media, namun sepertinya hal tersebut akan sulit diwujudkan di Jember. Hal ini tidak terlepas dari sering berubahnya aturan sekolah gratis.

Menurut kepala dinas pendidikan kabupaten Jember Ahmad Sudiyono, sebenarnya pihaknya ingin menerapkan pendidikan gratis di Jember. Hanya saja kata dia, pemerintah pusat juga sering tidak konsisten.

Semestinya lanjut Ahmad, ada aturan yang secara jelas mengatur tehnis sekolah gratis. Memang beberapa waktu lalu mendiknas sempat mengeluarkan surat edaran yang melarang sekolah berstandar nasional memungut dana dari orang tua. Hanya saja persoalannya, jika ini diterapkan maka banyak SSN yang akan turun lagi menjadi sekolah reguler. Padahal pemerintah sendiri menginginkan semua sekolah di negeri ini berstandar internasional.

Untuk itulah kata dia, dinas pendidikan Jember sudah mengeluarkan kebijakan tetap memperbolehkan sekolah menarik dana partisipasi dari masyarakat. Hanya saja yang perlu digaris bawahi, sekolah harus menkonsultasikan kepada komite dan bagi siswa yang tidak mampu tetap harus gratis.

(839 views)
Tags: