Mencermati Pemberian THR Bagi PNS

Beberapa waktu lalu, kita mendengar kabar mengenai Tunjangan Hari Raya (THR), untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemkab Jember. THR tersebut diberikan untuk mengapresiasi kinerja PNS selama satu periode. Tidak hanya itu, kabarnya pula anggaran yang dibutuhkan untuk THR PNS ini hampir mencapai 2 Miliar Rupiah. Jika memang demikian persoalannya, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana komentar wakil rakyat terkait THR untuk PNS ini? Kemudian, bagaimana pula pandangan masyarakat mengenai THR PNS?

Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Jember, menyediakan alokasi dana tambahan penghasilan, untuk peningkatan kesejahteraan pegawai negeri sipil. Demikian ungkapan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jember, Sugiarto. Menurutnya, pemberian dana tambahan penghasilan tersebut, biasanya menjelang Hari Raya Idul Fitri dan disesuaikan dengan masa kerja pegawai. Mengenai besarannya, per orang akan mendapatkan tambahan penghasilan sebesar 100 Ribu Rupiah.

Sugiarto menambahkan, dana yang dibutuhkan untuk tambahan penghasilan ini, hampir mencapai 2 Miliar Rupiah. Dengan jumlah pegawai hampir mencapai 20 Ribu orang. Dana tersebut kata dia, diambilkan dari APBD Jember. Sugiarto berharap, dengan adanya tambahan penghasilan ini, dapat memotovasi kinerja pns khususnya di lingkungan Pemkab Jember.

Sementara itu, Anggota DPRD Jember, M Jufriyadi Menilai, pemberian Tunjangan Hari Raya kepada PNS sebenarnya tidak perlu dilakukan, sebab sejauh ini kesejahteraan PNS sudah sangat terpenuhi. Mulai dari kenaikan gaji 15 %, kemudian adanya program gaji ketiga belas. Jadi kata dia, menjelang hari raya pemkab tidak perlu lagi menganggarkan dana untuk THR.

Mantan Anggota Komisi B DPRD Jember periode lalu ini menyarankan, alangkah lebih baiknya tahun depan, semua PNS di Lingkungan Pemkab Jember mengalah untuk tidak mengambil tunjangan ini dan mengalokasikan dana tersebut kepada fakir miskin, anak yatim atau orang yang lebih membutuhkan.

Jika tahun depan ini benar-benar terjadi, Jufriyadi optimis, banyak orang yang akan tertolong, apalagi kata dia, alokasi dana yang disediakan lumayan besar, yakni hampir mencapai 2 Miliar Rupiah.

Koordinator Forum Komunikasi Anak Bangsa, FKAB Suharyono mengatakan, sudah sepantasnya pemkab memberikan THR kepada PNS di lingkungannya. Minimal kata dia, dengan adanya THR ini bisa menjadi semangat PNS untuk bekerja lebih keras. Hanya saja menurutnya, tidak hanya PNS saja yang diperhatikan, namun tenaga rolstat yang ada di Pemkab Jember, juga harus diperhatikan. Apalagi mereka sudah banyak membantu kinerja Pemkab Jember.

(765 views)

Tag: