Antisipasi Lonjakan Harga Beras, Bulog Percepat Distribusi Raskin

Untuk membantu masyarakat miskin, Bulog Sub Divre XI Jember mengeluarkan 3700 ton beras jatah keluarga miskin untuk bulan September. Diharapkan beras ini dapat diserap oleh ratusan ribu keluarga miskin yang tersebar di kabupaten Jember, khususnya untuk pemenuhan kebutuhan selama ramadhan hingga lebaran nanti.

Kepala Bulog Sub Divre XI Jember Subali Agung Gunawan mengatakan, di kabupaten Jember sedikitnya terdapat 246 ribu lebih keluarga miskin, yang tersebar di 31 kecamatan. Masyarakat miskin bisa mendapatkan beras ini masing-masing 15 kilogram per keluarga seharga 2 ribu rupiah per kilogram.

Menurut Agung, pendistribusian raskin ini memang mendahului jadwal sebenarnya. Rencananya pendistribusian raskin ke 31 kecamatan ini akan dimulai Selasa pekan depan. Hal ini dilakukan lanjut Agung, selain untuk pemenuhan kebutuhan selama ramadhan juga untuk menghindari kenaikan harga beras di pasaran.

Lebih jauh Agung menerangkan, berdasarkan pantauannya saat ini sudah terjadi kenaikan harga beras. Tetapi yang mengalami kenaikan hanya beras kualitas super dan medium. Itupun kenaikannya hanya berkisar 1,6 persen hingga 2,2 persen saja. Agung optimis kenaikan harga beras selama bulan ramadhan masih bisa dikendalikan

(1.105 views)
Tag: