Antisipasi Lonjakan Penumpang Menjelang Lebaran, PT KAI Daops 9 Jember Siapkan 16 Gerbong Tambahan

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dalam arus mudik lebaran mendatang. PT. KAI daops 9 Jember menyiapkan 16 gerbong tambahan. Meski demikian karena usia lokomotif yang ada sudah sangat tua, tidak semua jadwal kereta akan ditambah rangkaiannya.

Humas PT. KAI Daops 9 Jember Hariyanto mengatakan, yang pasti akan ditambah gerbong diantaranya kereta api mutiara timur siang dan malam, masing-masing satu gerbong eksekutif dan 3 gerbong kelas bisnis. Sehingga untuk kereta api jurusan Surabaya Banyuwangi ini akan membawa 3 gerbong eksekutif, 7 kereta bisnis dan 1 kereta makan.

Sedangkan untuk kereta api ekspres cantik jurusan Jember Surabaya, hanya akan ditambah 1 kereta eksekutif dan 2 gerbong kelas bisnis. Sementara untuk kereta kelas ekonomi yang biasanya banyak diminati masyarakat, masing-masing ranngkaian akan ditambah 3 gerbong. Sehingga totoal tiap kereta kelas ekonomi akan membawa 10 rangkaian gerbong.

Hariyanto memperkirakan arus mudik tahun ini akan terjadi kenaikan dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu penumpang angkutan lebaran hanya berkisar 169 ribu orang lebih, tahun ini diperkirakan hampir mencapai 178 ribu penumpang.

Lebih jauh Hariyanto menerangkan, pihaknya terpaksa tidak bisa melakukan penambahan gerbong untuk kereta api kelas ekonomi tawang alun jurusan Banyuwangi Malang. Sebab untuk lokomotif kereta api tawang alun usianya sudah sangat tua, sehingga kemampuannya menarik rangkaian kereta terbatas.

Apalagi jalur yang harus dilewati mulai dari Bangil hingga Malang menanjak. Hariyanto hanya berharap janji dirjen kereta api untuk memberikan tambahan lokomotif baru ke daops 9 Jember dapat segera terealisasi. Sehingga lokomotif baru ini bisa dimanfaatkan untuk angkutan lebaran 2009 ini.

(682 views)
Tag: