Hari Pertama Ngantor Anggota Dewan Masih Beradaptasi

Hari pertama aktif sebagai anggota dewan, sejumlah anggota DPRD Jember yang baru hanya melakukan komunikasi politik pembentukan fraksi dan mempelajari tatib DPRD. Bahkan meski baru sehari ngantor, ada beberapa aggota dewan yang sudah menerima permintaan sumbangan dari konstituennya.

Seperti diungkapkan anggota DPRD dari Partai Amanat Nasional Evi Lestari. Hari pertama ngantor, Evi melakukan komunikasi politik untuk pembentukan  fraksi. Karena sesuai susduk yang baru, untuk membentuk sebuah fraksi minimal beranggotakan 4 orang. Sehingga mau tidak mau PAN harus berkoalisi dengan partai lain. Dan keungkinan besar PAN akan berkoalisi dengan partai Hanura.

Selain melakukan komunikasi politik, Evi juga mencoba mempelajari aturan-aturan yang berlaku di DPRD Jember. Meski tata tertib dewan yang baru masih belum dibuat, Evi yakin tidak akan banyak perbedaan dengan tatib yang lama.

Senada dengan Evi, anggota DPRD Jember dari PKB Ayub Junaedi juga mengaku masih mencoba beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Sementara komunikasi politik juga tetap dilakukan, meskipun sebenarnya PKB yang memiliki 6 orang anggota sudah bisa membentuk fraksi sendiri. Tetapi ada kemungkinan PPP juga akan bergabung dengan PKB.

Sementara kabar yang berkembang di DPRD Jember, PDI-P akan melanjutkan koalisi di tingkat pusat dengan menggandeng Gerindra. Partai Demokrasi Pembaharuan yang hanya memiliki satu orang wakil akan bergabung ke Partai Demokrat. Sementara untuk PKS, Golkar dan PKNU masing-masing akan membentuk fraksi sendiri.

(675 views)
Tag: